STRATEGI PENANAMAN KOMPETENSI LITERASI PADA ANAK USIA DINI
Keywords: kompetensi, literasi, anak usia dini
Abstract
Kompetensi literasi sangat penting dikuasai untuk bisa bersaing di abad ke-21 ini. Kompetensi literasi yang dimaksud adalah literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial dan kewargaan. Sayangnya, hasil penilaian PISA menyatakan bahwa literasi siswa Indonesia khususnya bidang sains dan numerasi masih belum memuaskan. Oleh karena itu penanaman kompetensi literasi sangat mendesak untuk dilakukan. Penanaman kompetensi literasi dapat dilakukan sejak anak usia dini, sebab pada usia itu mereka sedang mencapai masa emas (golden age). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi penanaman kompetensi literasi pada anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Sumber data penelitian ini adalah berupa pustaka buku, makalah jurnal dan literatur lainnya. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penanaman kompetensi literasi anak usia dini baru dapat dilakukan pada level 1. Peran guru dan orang tua sangat penting dalam penanaman kompetensi itu baik sebagai teladan, motivator dan fasilitator.
Copyright (c) 2024 Wiranata I Gusti Lanang Agung, Wijaya I Komang Wisnu Budi , Krisdayanthi Astrid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.