Penggunaan Dompet Digital Terhadap Keputusan Pembelian dan Gaya Hidup Generasi Milenial (Studi Pada Aparatur Sipil Negara)
DOI:
https://doi.org/10.33830/optima.v1i2.9330Keywords:
Generasi Milenial, Dompet Digital, Keputusan Pembelian, Gaya HidupAbstract
Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi milenial di DKI Jakarta sudah sangat akrab dalam penggunaan dompet digital bentuk kartu elektronik (e-money). Hal ini dikarenakan mobilitas sehari-hari banyak menggunakan transportasi publik seperti Transjakarta, LRT, MRT, dan KRL. Berbagai fasilitas publik lain juga sudah menggunakan transaksi pembayaran elektronik seperti fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan, bahkan pasar tradisional. Inovasi pada pembayaran fasilitas publik ini menuntut masyarakat DKI Jakarta khususnya para ASN untuk menggunakan dompet digital. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dompet digital terhadap keputusan pembelian konsumen, serta pengaruhnya terhadap gaya hidup konsumen khususnya para ASN yang masuk dalam generasi milenial. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan wawancara kepada 4 (empat) responden. Responden merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi milenial dengan rentang usia 31 tahun s.d. 37 tahun. Lokus penelitian yaitu instansi pemerintah di Kota Jakarta Pusat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil menunjukkan bahwa penggunaan dompet digital berdampak signifikan terhadap keputusan pembelian, dan gaya hidup ASN generasi milenial. Seiring meningkatnya penggunaan dompet digital saat ini, maka perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat khususnya ASN generasi milenial mengenai literasi keuangan agar mampu mengelola keuangannya dimasa depan.