Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Cafe Kopi Kuy)
DOI:
https://doi.org/10.33830/optima.v1i3.9052Keywords:
Kualitas Layanan, Harga, Promosi, Media Sosial, Kepuasan KonsumenAbstract
Pilihan melakukan pembelian di Cafe ditentukan oleh berbagai aspek, antara lain tingkat layanan yang diberikan, harga barang, dan penawaran promosi. Cafe dapat meningkatkan minat dan tingkat kepuasan konsumen dengan memahami permintaan pasar dan mengembangkan pelayanan yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh kualitas pelayanan, penetapan harga, dan pemasaran terhadap kepuasan konsumen Cafe Kopi Kuy, baik secara mandiri maupun kolektif. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Ukuran sampel terdiri dari 100 konsumen, dan data dikumpulkan melalui Google Formulir. Data selanjutnya diuji dengan uji hipotesis menggunakan software SPSS 25. Temuan penelitian mengungkap beberapa aspek: Penelitian ini mengungkapkan korelasi yang kuat dan menguntungkan antara kualitas layanan dan kepuasan konsumen. Temuan ini didukung oleh analisis statistik dengan nilai t sebesar 6,110, yang melampaui nilai uji t sebesar 1,977. Selain itu, nilai p sebesar 0,000 berada di bawah tingkat signifikansi yang diakui sebesar 0,05. Pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen sangat kecil, dibuktikan dengan temuan uji t sebesar 0,660 lebih rendah dari nilai uji t sebesar 1,977. Selanjutnya tingkat signifikansi sebesar 0,511 diatas ambang batas konvensional sebesar 0,05. Promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen (t-value 2,446 > t-tabel 1,977; tingkat signifikansi 0,016 < 0,05). Kualitas pelayanan, harga, dan pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 18,312. Nilai F tabel sebesar 3,97 dan tingkat signifikansi 0,000 lebih rendah dari ambang batas sebesar 0,05.



