Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kualitas Proses, dan Kualitas Lingkungan Kerja Terhadap Risiko Kehilangan Pasar Perusahaan Asuransi
DOI:
https://doi.org/10.33830/optima.v1i1.7442Keywords:
Perusahaan Asuransi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Kepuasan PelangganAbstract
Bisnis asuransi adalah salah satu jenis usaha yang menantang, dimana pada kondisi tertentu dapat mengalami rugi akibat dari pembayaran/ penyelesaian atas sebuah klaim dan bisnis asuransi memiliki pengaturan yang sangat awam di kalangan pelanggan sehingga banyak praktik penolakan klaim atau penyelesaian klaim yang diluar ekspetasi dari pelanggan sehingga banyaknya keluhan dari pelanggan, Oleh karena itu melaksanakan bisnis atau memasarkan produk asuransi sangatlah menantang. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, kualitas proses, dan kualitas lingkungan kerja terhadap risiko kehilangan pasar yang diukur dengan indikator teori kepemimpinan kolaboratif dengan menggunakan obyek pengguna polis Asuransi. Penelitian dilakukan untuk memberikan wawasan mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi persepsi pelanggan terhadap perusahaan asuransi terhadap kepuasan pelanggan yang berkontribusi terhadap kehilangan pasar. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang faktor-faktor atas kehilangan pasar dalam industri asuransi dan dapat memberikan panduan bagi perusahaan asuransi untuk meningkatkan strategi mereka guna mencapai tingkat kepuasan pelanggan dan untuk mengurangi risiko yang dapat menimbulkan risiko kehilangan pasar. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan strategis dalam meningkatkan daya saing di pasar yang kompetitif.