Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sijapri pada Pelayanan Pengajuan Permohonan Subkontrak bagi Pengusaha Kawasan Berikat Di KPPBC TMP A Bogor
DOI:
https://doi.org/10.33830/optima.v1i1.7074Keywords:
Pelayanan Publik, Pandemi, Covid-19, SijapriAbstract
Indonesia termasuk negara yang tidak luput dari penyebaran Covid-19, berbagai sektor terkena imbas dari pendemi ini seperti kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan bahkan pola hidup. Pemerintah diharuskan menerapkan perubahan secara signifikan dan cepat untuk merespon kondisi ini dan upaya bertahan ditengah pendemi. Kebijakan PSBB membuat masyarakat khusus pengusaha Kawasan berikat menjadi penghalang dalam mendapatkan pelayanan publik. Pemerintah dituntut mengimplementasikan e-government untuk dapat memberikan pelayanan kepada publik. KPPBC Bogor sebagai salah 1 (satu) kantor pelayanan publik menerapkan aplikasi perizinan online pengeluaran/pemasukkan sementara dan jaminan (SIJAPRI). Tujuan dari aplikasi ini adalah memudahkan pengusaha kawasan berikat untuk melakukan pengajuan permohonan izin subkontrak. Oleh sebab itu, manfat dari karya ilmiah ini adalah untuk menggambarkan tingkat kepuasan perusahaan Kawasan Berikat dalam menggunakan aplikasi SIJAPRI. Cara pengukuran yang dipakai dalam penulisan ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 96 responden dari total 126 seluruh responden dengan menggunakan metode slovin. Metode pengumpulan data memnfaatkan google form. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan atas 4 (empat) aspek yaitu kemudahan, bebas biaya, efektivitas, dan transparansi dinilai 100% dikategorikan sangat puas, aspek efisiensi dinilai 97.50% dikategorikan sangat puas, sedangkan aspek kecepatan dinilai 93.96% dikategorikan sangat puas. Saran yang diberikan oleh peneliti antara lain perbaikan sistem, dan meningkatkan kecepatan respon layanan.