PENERAPAN METODE PRAKTIK BERBANTUAN LABORATORIUM KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK POKOK PEMBAHASAN KEWIRAUSAHAAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN KELAS XI IPS 1 SMAN 2 UNGGULAN TANAH GROGOT TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords: practical method, Entrepreneurship Laboratory, motivation, learning outcomes, metode praktik, Laboratorium Kewirausahaan, motivasi, hasil belajar
Abstract
Kurangnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan kewirausahaan pengolahan hasil pertanian. Hal ini ditunjukkan dengan kurang optimalnya media pembelajaran dan banyak menggunakan metode ceramah. Dengan masalah tersebut peneliti berusaha melakukan penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan praktik pembelajaran kewirausahaan berbantuan laboratorium kewirausahaan.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode praktik pada pokok pembahasan kewirausahaan pengolahan hasil pertanian kelas XI IPS 1 SMAN 2 Unggulan Tanah Grogot. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian dengan metode praktik dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan di laboratorium kewirausahaan, meliputi seluruh peserta didik kelas XI IPS 1 tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 36 peserta didik. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket, catatan lapangan, dan dokumen dianalisis dengan cara
analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan persentase ketuntasan prasiklus sebesar 44% (16 peserta didik tuntas dan 20 peserta didik tidak tuntas dari 36 peserta didik) nilai rata-rata adalah 71, pada siklus I meningkat menjadi 75% (27
peserta didik tuntas dan 9 peserta didik tidak tuntas dari 36 peserta didik) nilai ratarata adalah 77, pada siklus II meningkat enjadi 86,1% (31 peserta didik tuntas dan 5 peserta didik tidak tuntas dari 36 peserta didik) nilai rata-rata adalah 79. Motivasi
peserta didik mengalami perubahan, hal ini ditunjukkan dengan perilaku peserta didik yang aktif, kreatif dan mendapatkan ide serta gagasan baru ketika melakukan praktik pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan
menggunakan metode praktik di laboratorium kewirausahaan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik