PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HAKIKAT ILMU EKONOMI SISWA KELAS X SMK PESANTREN TERPADU MOJOKERTO
Keywords: hasil belajar, pembelajaran, pendekatan saintifik
Abstract
Suatu pendidikan yang baik berasal dari kerjasama antara beberapa komponen pendidikan seperti pemerintah, instansi pendidikan, siswa, guru, serta lingkungan sekitar, sehingga dibutuhkannya suatu metode dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari pembelajaran dalam kelas yang menggunakan pendekatan saintifik dengan materi hakikat ilmu ekonomi terhadap siswa kelas X SMK Pesantren Terpadu. Kriteria analisis pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik dengan menggunakan media pembelajaran secara maksimal dan pembenahan permasalahan yang berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik pada materi hakikat ilmu ekonomi kelas X SMK Pesantren Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan baik. Kemampuan yang diterapkan pada pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran pada materi hakikat ilmu ekonomi sudah baik dari cara pengembangan dan juga penerapannya. Fakta dari hal ini ditunjukkan dengan beberapa bukti dokumentasi seperti foto dan paparan penjelasan tentang usaha pembenahan masalah pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pendekatan saintifik.