PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X-A SMAN 1 MALINGPING PADA MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN DENGAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)
Keywords: hasil belajar, permintaan dan penawaran, Problem Based Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Permintaan dan Penawaran di kelas X-A SMAN 1 Malingping menggunakan pendekatan PBL (Problem Based Learning). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 siklus, dimulai dari prasiklus sampai siklus II.cPada tahap prasiklus, hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 31% dari 36 siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan sisanya belum mencapai KKM. Selama siklus I, terjadi peningkatan yang signifikan dimana 69% siswa berhasil mencapai nilai ketuntasan belajar. Namun, masih ada 31% siswa yang belum mencapai KKM.cMelalui implementasi pembelajaran pada siklus II dengan pendekatan PBL, terjadi peningkatan yang lebih baik. Sebanyak 92% dari 36 siswa telah mencapai atau melebihi KKM yang ditetapkan, sementara hanya 8% siswa yang masih belum mencapai standar ketuntasan. Hal tersebut menunjukkan peningkatan cukup besar dari siklus sebelumnya. Temuan ini menggambarkan bahwa penerapan metode PBL pada pembelajaran materi Permintaan dan Penawaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.