DISKUSI KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN HINDU BUDHA DI INDONESIA IPS KELAS VII SMPKH AL-MUFTI TANGERANG
Keywords: diskusi kelompok, media gambar, hasil belajar, sejarah, keraajaan Hindu Budha.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas diskusi kelompok dengan menggunakan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar sejarah keraajaan-kerajaan Hindu Budha di Indonesia pada siswa kelas VII SMPKH Al-Mufti Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Partisipan penelitian adalah siswa kelas VII yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode diskusi kelompok dengan media gambar, dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam diskusi kelompok secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah keraajaan-kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Analisis data menggunakan uji t independent menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selain itu, siswa pada kelompok eksperimen juga menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap pembelajaran sejarah.
Temuan ini memberikan rekomendasi untuk guru-guru IPS di tingkat SMP untuk mempertimbangkan penggunaan media gambar dalam strategi diskusi kelompok sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar dan minat siswa terhadap pelajaran sejarah.