Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Udara Kelas X SMK Menggunakan Laboratorium Virtual
Keywords: Hasil belajar, laboratorium virtual, OLabs, pencemaran udara
Abstract
Hasil belajar siswa pada materi pencemaran udara di SMK Mambaul Ulum Pandaan menunjukkan tingkat pemahaman yang rendah, disebabkan oleh terbatasnya sarana dan prasarana laboratorium fisik untuk praktik. Sebagai solusi, penelitian ini menggunakan laboratorium virtual OLabs untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus pada siswa kelas X SMK Mambaul Ulum Pandaan dengan 12 subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui posttest setelah setiap siklus pembelajaran. Hasil dari siklus pertama menunjukkan bahwa hanya 41,6% siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan pada siklus kedua, setelah dilakukan perbaikan pembelajaran, persentase siswa yang mencapai ketuntasan meningkat menjadi 83,3%. Keberhasilan pembelajaran ini ditentukan oleh pencapaian lebih dari 75% siswa yang memperoleh nilai ≥ 80. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan laboratorium virtual OLabs terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran udara. Dengan demikian, meskipun prasarana laboratorium fisik terbatas, teknologi berbasis simulasi seperti OLabs dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kata Kunci: hasil belajar, laboratorium virtual, OLabs, pencemaran udara
Copyright (c) 2025 Journal of Science Biology and Online Learning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.