Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Mitigasi Bencana Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas X Keperawatan SMK Bhakti Pertiwi Indonesia
Keywords: Bepikir kritis, Mitigasi bencana, Problem Based Learning
Abstract
Dalam pembelajaran abad 21 ini salah satu kemampuan yang berpengaruh adalah kemampuan bepikir kritis. Rendahnya keterampilan peserta didik disebabkan pembelajaran yang monoton dan guru hanya sebagai pusat pembelajaran dengan menggunakan meodel pembelajaran satu arah seperti ceramah. Tujuan penelitian ini yaitu dapat meningkatkan ketmampuan bepikir krits peserta didik dalam menggunakan model PBL pada materi mitigasi bencan di kelas X Keperawatan. Metode yang digunakan pada penelelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dengan dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X Keperawatan yang berjumlah 28 orang. Lembar penilaian yang digunakan berupa lembar kerja peserta didik serta 10 soal formatif. Setelah dilaksanakannya penelitian, penggunaan model PBL ini mampu mengembangkan keterampilan berpikir krtis peserta didik yang ditunjukkan saat diskusi kelompok, kemampuan peserta didik menganalisis dan memberikan solusi, penyampaian materi secara baik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pada siklus satu didapatkan persentase rata rata ketuntasan 70% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus dua terdapat peningkatan 10%, dengan rata rata ketuntasan yaitu 80%. Dengan penelitian tersebut bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah ini dapat meengasah kemampuan berpikir kritis untuk peserta didik pada materi mitigasi bencana di kelas X Keperawatan SMK Bhakti Perti Indonesia. Model pembelajaran tersebut juga dapat membuat suasana pembelajaran lebih aktif dan parsipatif.
Copyright (c) 2025 Journal of Science Biology and Online Learning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.