Penggunaan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMK PGRI 1 Surakarta pada Materi Keanekaragaman Hayati
Keywords: Hasil belajar, Keanekaragaman Hayati,, Model Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMK PGRI 1 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas X. Data hasil belajar kognitif dikumpulkan melalui tes akhir siklus (posttest) pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model PBL, hanya 37,50% siswa yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah penerapan model PBL, persentase ketuntasan meningkat menjadi 62,50% pada siklus I dan 90,63% pada siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Dengan demikian, PBL dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang direkomendasikan dalam pembelajaran biologi di tingkat sekolah menengah kejuruan.
Copyright (c) 2025 Journal of Science Biology and Online Learning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.