Pengaruh Media Konkret Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Biologi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mesuji
Keywords: Hasil Belajar, Media Konkret, Pembelajaran Biologi
Abstract
Riset ini bermaksud untuk mengeksplorasi pendayagunaan media konkret dalam menelaah pelajaran Biologi dikelas VII terhadap hasil belajar peserta didik. Riset ini diterapkan dengan dua siklus serta menggunakan pendekatan tindakan kelas. Sampel riset ini adalah siswa kelas VII SMP yang terdiri dari 13 perempuan dan 12 laki-laki. Perbandingan antara siklus pertama dan siklus kedua menunjukkan peningkatan signifikan selama pencapaian belajar siswa setelah implementasi media benda konkret. Pada siklus pertama, skor rata-rata perolehan pembelajaran peserta didik mencapai 68,84, yang menunjukkan bahwa peserta didik belum meraih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah melakukan refleksi pada siklus pertama, perbaikan dilakukan pada siklus kedua dengan mengimplementasikan media benda konkret dalam pembelajaran. Pada siklus kedua, adanya kenaikan signifikan dalam perolehan pembelajaran peserta didik, dengan skor rata-rata mencapai 88,24. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media konkret dalam pembelajaran Biologi memiliki dampak konstruktif terhadap perolehan pembelajaran peserta didik. Peningkatan signifikan terjadi pada siklus kedua setelah implementasi media benda konkret. Oleh sebab itu, diusulkan supaya media konkret terus digunakan selama penelaahan Biologi guna memajukan persepsi teori dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran
Copyright (c) 2025 Journal of Science Biology and Online Learning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.