Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Dalam Materi Tata Surya Kelas VII-F
Keywords: Penelitian tindakan kelas, model pembelajaran, discovery learning, Tata Surya
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa kelas VII.F SMP Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Cianjur dengan waktu pelaksanaan Siklus I tanggal 30 April 2024 dan Siklus II tanggal 14 Mei Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan tujuan untuk hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning pada materi Tata Surya di kelas VII.F SMP Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Cianjur TP. 2023-2024. Data penelitian dikumpulkan melalui Lembar Observasi Simulasi, dan Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG) pada Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya di kelas VII.F SMP Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Cianjur TP.2023-2024 pada siklus I rata-rata hasil belajar 63,20 (37,5%) dan siklus II rata-rata hasil belajar 82,00 (84,4%). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya.
Copyright (c) 2025 Journal of Science Biology and Online Learning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.