Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Sistem Reproduksi Manusia
Keywords: Hasil belajar, Aktivitas siswa, Metode Pembelajaran, Pembelajaran IPA, Sistem reproduksi, Model pembelajaran, Make a match, Kognitif
Abstract
Proses pendidikan di Indonesia sebagian besar berpusat pada guru, yang dikenal sebagai Teacher Center Learning, yang mengarah pada implikasi potensial pada prestasi pendidikan peserta didik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran kognitif peserta didik melalui penerapan pendekatan pembelajaran make a match yang berfokus pada topik sistem reproduksi manusia. Penelitian dilakukan dengan peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Pasuruan dan melibatkan proses terstruktur yang terdiri dari dua siklus yang meliputi fase perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data termasuk pemanfaatan penilaian pembelajaran kognitif melalui evaluasi pretest dan postest. Hasil dari penelitian menunjukkan dampak positif dari penggunaan model pembelajaran make a match pada hasil pembelajaran kognitif peserta didik di XI IPA MAN 2 Pasuruan dalam kaitannya dengan topik sistem reproduksi manusia. Awalnya, ada peningkatan minimal 2,8% dalam kinerja pelajar selama pretest di siklus 1, yang secara signifikan meningkat menjadi 61,1% pada postest siklus 1, dan akhirnya mencapai 100% pada siklus 2. Akibatnya, sangat disarankan, berdasarkan hasil penelitian ini, bagi pendidik agar mempertimbangkan untuk mengintegrasikan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan prestasi pembelajaran kognitif peserta didik di berbagai mata pelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kognitif, Make a Match, Sistem ReproduksiĀ
Copyright (c) 2024 Simbion: Journal of Science Biology and Online Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.