Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Media Realia di Madrasah Tsanawiyah
Keywords: Hasil belajar, Media Pembelajaran, Proses belajar
Abstract
Komponen penting dalam menentukan tingkat pemahaman siswa selama proses pembelajaran dalam berbagai disiplin ilmu adalah penilaian pembelajaran siswa melalui penilaian tes. Berdasarkan hasil evaluasi yang kurang baik. Bidang studi yang dianggap sulit dipahami oleh siswa MTs Ihya' Assunnah Kolaka adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Oleh karena itu, diperlukan teknik yang tepat untuk meningkatkan kemampuan belajar dan pemahaman siswa. Meningkatkan hasil belajar siswa MTs merupakan tujuan dari penelitian ini. dengan menggunakan media realia di MTs Ihya' Assunnah Kolaka. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif observasional sebagai bagian dari penelitian tindakan kelas. Siswa MTs Ihya Assunnah Kolaka menjadi subjek penelitian.Mengumpulkan data dari tes, observasi, wawancara, dan dokumen dari 20 anak. Ditemukan bahwa tindakan setiap siklus mengalami kenaikan yang cukup baik. Pada siklus pertama, nilai rata-rata siswa mencapai 67,5 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 60%. Ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 90% pada siklus kedua, dengan nilai rata-rata 74,75. Untuk membangun pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas sains, salah satunya adalah dengan penggunaan media realia.
Copyright (c) 2024 Simbion: Journal of Science Biology and Online Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.