Publication Ethics

  1. Artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian harus memberikan penjelasan yang rinci tentang penelitian yang dilakukan dan alasan yang mendasari pentingnya masalah penelitian. Data yang dikumpulkan harus disajikan dengan lengkap dan benar, disertai rincian penjelasan dan referensi yang jelas, sehingga mempermudah orang lain yang berminat untuk menjadikan artikel sebagai sumber referensi.
  2. Penulis harus menjamin bahwa hasil tulisannya merupakan tulisan karya sendiri (original), dan bila menggunakan sumber-sumber lain, maka dinyatakan sebagai kutipan dan ditulis dengan benar sesuai ketentuan penulisan karya ilmiah.
  3. Penulis tidak dibenarkan untuk memasukkan naskah artikel yang pada intinya berisi penelitian yang sama kepada lebih dari satu publikasi jurnal. Memasukkan artikel yang sama pada dua atau lebih jurnal merupakan tindakan yang tidak etis.
  4. Nama penulis adalah orang-orang yang memberikan kontribusi nyata dan penting kepada rancangan dan penulisan artikel. Sedangkan orang lain yang terlibat dalam kegiatan penelitian, misalnya pembantu peneliti, dapat disebutkan sebagai kontributor.
  5. Apabila penelitian yang menjadi sumber artikel dibiayai oleh institusi tertentu, sumber biaya perlu dinyatakan, sebagai informasi kemungkinan terjadinya konflik kepentingan dalam penafsiran dan perumusan hasil penelitian.