Jurnal Pendidikan (JP) is a bi-annual journal - publish twice each calendar year, Open Access, published by the Institute for Research and Community Service, Universitas Terbuka, Indonesia. JP publishes articles in the field of education which reports empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and/or findings. The focus of the research can be in curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education technology.  Papers, which provide critical literature reviews of research on specific educational topics are also welcomed.

The aim of the journal is publishing quality research that could potentially inform further research, policy and practice of education, in any context or research paradigm, therefor the manuscript must have the following features:

  • A strong theoretical framework
  • Clear understanding of how literature critically relates to the topic researched
  • Strong research design and analysis
  • Critical analysis and recommendations for further research, policy and practice.

Jurnal Pendidikan accepts articles in English and Bahasa Indonesia.

JP is currently indexed in Google scholar and Science and Technology Index (SINTA). Since 2019, JP journal is classified as S-4 in SINTA Journal database.

No fee for article selection and publication in Jurnal Pendidikan. 

The Journal has migrated from OJS 2.0  to OJS 3.2 in December 2019, therefore information on data access by readers has restarted from zero in January 2020.

 

Penjelasan tentang Jurnal 

Jurnal Pendidikan (JP) menerbitkan artikel dua kali satu tahun, Open Access, diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Universitas Terbuka, Indonesia.

JP menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan yang melaporkan penelitian empiris tentang topik-topik yang penting bidang pendidikan menggunakan desain penelitian yang tepat dan hasil yang dijelaskan dengan baik dan utuh. Fokus penelitian dapat tentang kurikulum, pembelajaran, evaluasi, kualitas pendidikan, manajemen, dan teknologi pendidikan. Artikel yang berisi analisis kritis terhadap  literatur ilmiah tentang topik pendidikan tertentu juga dapat diterbitkan.

Tujuan jurnal ini adalah menerbitkan artikel hasil penelitian berkualitas yang mempunyai potensi memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu melalui penelitian lebih lanjut, kebijakan dan praktik pendidikan, dalam berbagai konteks dan paradigma penelitian.  Naskah harus memenuhi karakteristik sebagi berikut.

  • Mempunyai kerangka teori yang jelas
  • Menunjukkan dengan jelas hubungan dan relevansi antara literatur sebagai sumber referensi dengan topik yang diteliti
  • Mempunyai Desain penelitian yang tepat dan analisis data yang utuh.
  • Membahas secara komprehensif dan kritis data dalam kaitan dengan konteks penelitian, serta memberi rekomendasi untuk penelitian lanjut, kebijakan, atau praktik.

Jurnal Pendidikan menerima artikel dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

JP saat ini terindeks dalam Google Scholar dan Science and Technology Indeks (SINTA) – DIKTI.

Sejak 2019, Jurnal Pendidikan terakreditasi Sinta 4 pada basis data SINTA.

Untuk proses seleksi dan publikasi artikel tidak dikenakan biaya. 

Pada bulan Desember 2019 Jurnal Pendidikan telah migrasi dari OJS 2.0 ke OJS 3.2.  dengan demikian informasi tentang jumlah akses ke jurnal oleh pembaca kembali ke nol pada Januari 2020.