Sebuah kajian filosofis: Pendidikan karakter berbasis nilai dan norma Pancasila

Authors

  • Yulius Rustan Effendi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.33830/jhce.v1i1.5726.

Keywords:

karakter nasionalis, nilai dan norma Pancasila, pendidikan karakter, peserta didik

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi penerapan nilai-nilai karakter nasionalisme yang berpedoman pada nilai-nilai dan norma Pancasila sebagai sistem filsafat. Pengumpulan data menggunakan metode systematic review (meta-sintesis) yang diperoleh dari data digital melalui kajian analisis studi meta-etnografi. Kajian studi model meta-etnografi diterapkan dalam wahana “interpretatif” pendalaman studi utama untuk menghubungkan konsep pendidikan karakter nasionalis dalam kajian Pancasila sebagai sistem filsafat. Peneliti melakukan penelusuran data iterative dalam membedah dimensi ontologi, epistemologi, dan aksiologi filsafat Pancasila. Melalui pendekatan interpretatif, penulis mendeskripsikan pengembangan penerapan pendidikan karakter nasionalisme peserta didik yang berlandaskan pada nilai-nilai dan penghayatan norma-norma yang terkandung dalam Pancasila yang belum diterapkan secara maksimal di lingkungan sekolah. Selain itu, penulis mengembangkan studi primer untuk membedah konsep Pancasila dalam jejaring pemaknaan filosofis dalam memaknai arti kehidupan yang perlu dihayati peserta didik. Hasil kajian menunjukkan bahwa Pancasila perlu kembali ditegakkan dan ditempatkan dalam fungsi dan kedudukannya sebagai dasar negara dalam memperkokoh dan menggugat dimensi epistemologis Pancasila yang bukan saja ditujukan pada bangsa Indonesia, melainkan pada tataran global sebagai pengejahwantahan nilai kebinekaan global.

References

Agboola, A. & Tsai K. C. (2015). Bring character education into the classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163-170.

Al Inu, A. N. N. & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila melalui pendidikan kewarganegaraan di sekolah dan di masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 259-267.

Arafat, Y. (2021). Implementasi nilai-nilai Pendidikan Pancasila pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 111-122.

Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi nilai- nilai Pancasila dalam pendidikan karakter. Jurnal Gema Keadilan, 9(3), 1-13.

Dewantara, K. H. (1977). Pendidikan. Majelis Luhur Persatuan Taman Peserta didik.

Drijarkara. (1977). Percikan filsafat. (R. Hardawiryana, Trans.). Compusius.

Effendi, Y. R. (2020). Pendekatan kepemimpinan transformasional kepala sekolah berbasis nilai-nilai budaya, humanistik, dan nasionalisme dalam penguatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 161-179.

Effendi, Y. R. (2021). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam pengimplementasian program pendidikan karakter di era global. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 6(1), 17-32.

Effendi, Y. R., & Sahertian P. (2022). Principals’ transformational leadership in strengthening character education at senior high school level (SMA) in Indonesia. South African Journal of Education, 4(2), 1-11.

Hartoko, D. (1989). Memanusiakan manusia muda. Gunung Mulia.

Ida, R., Myta, W. J. B., Kurniawaty, F., & Santyo, W. (2022). Implementasi nilai-nilai Pendidikan Pancasila melalui kegiatan wisata bhinneka pada mahasiswa. Jagddhita: Jurnal Kebhinekaan dan Wawasan Kebangsaan, 2(1), 53-67.

Junaedi (2018). Pancasila sebagai sistem filsafat dalam penerapan konsep negara hukum Indonesia. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(3), 97-108.

Kaelan, M. S. (2013). Negara kebangsaan Pancasila: Kultural, historis, filosofis,

yuridis dan aktulisasinya. Paradigma.

Kleden, I. (1987). Sikap ilmiah dan kritik kebudayaan. LP3ES.

Koesoema, D. A. (2015). Character education strategy, mental revolution in educational institutions. Kanisius.

Marcel, G. (1949). The philosophy of existence. (M. Harri, Trans.). The Camelot Press.

Notonagoro. (1974). Dasar falsafah negara. Pantjuran Tudjuh.

Perry, A., & Hammond, N. (2002). Systematic reviews: The experiences of a PhD student. Psychology Learning & Teaching, 2(1), 32–35. https://doi.org/10.2304/plat.2002.2.1.32

Pring, R. (2005). Philosophy of education. Continuum.

Rahman, A., & Suharno, S. (2020). Pelaksanaan pendidikan politik melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk meningkatkan kesadaran politik peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 282-290.

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila dalam pendidikan di Indonesia menuju bangsa berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82-89.

Suryatni, L. (2016). Filsafat Pancasila dan filsafat hukum sebagai dasar rule of moral. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 6(2), 53-70.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Effendi, Y. R. (2023). Sebuah kajian filosofis: Pendidikan karakter berbasis nilai dan norma Pancasila. Journal of Humanities and Civic Education, 1(1), 29–45. https://doi.org/10.33830/jhce.v1i1.5726.

Issue

Section

Articles