Akselerasi pendidikan karakter melalui integrasi kearifan lokal dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Authors

  • Rike Erlande Universitas Islam Ogan Komering Ilir

DOI:

https://doi.org/10.33830/jhce.v2i1.5832.

Keywords:

Era Digital, Kearifan Lokal, Pendidikan Karakter, Pembelajaran PPKn

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang pengalaman dan tantangan yang dihadapi guru dalam mengembangkan pembelajaran PPKn berbasis kearifan lokal dengan memanfaatkan teknologi guna menguatkan karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui  wawancara mendalam dengan beberapa guru yang telah mengembangkan materi PPKn berbasis kearifan lokal dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru tersebut telah berhasil mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran PPKn dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi mampu memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi peserta didik. dan memungkinkan guru untuk mengakses sumber daya pendukung pembelajaran dengan lebih mudah. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan pembelajaran PPKn berbasis kearifan lokal dengan pemanfaatan teknologi sehingga perlu diambil beberapa langkah konkret baik oleh guru maupun pemerintah untuk mengatasi tantangan tersebut. Integrasi pembelajaran dengan kearifan lokal ini diharapkan mampu mengakselerasi pendidikan karakter di Indonesia.

Author Biography

Rike Erlande, Universitas Islam Ogan Komering Ilir

Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Abugohar, M., Yunus, K., & Rashid, R. A. (2019). Smartphone applications as a teaching technique for enhancing tertiary learners' speaking skills: Perceptions and practices. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(9), 74-92.

Aisy, S. R., & Hudaidah, H. (2021). Pendidikan Indonesia di era awal kemerdekaan sampai orde lama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 569-577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.327

Awaliyah, S., & Suhartono, E. (2023). Literasi Pancasila: Inovasi praktis pembelajaran PPKn. Penerbit P4I.

Fonna, N. (2019). Pengembangan revolusi industri 4.0 dalam berbagai bidang. Guepedia.

Kereluik, K. (2019). What knowledge is of most worth: Teacher knowledge for 21st-century learning. Journal of Digital Learning in Teacher Education., 29(4), 127-140. http://dx.doi.org/10.1080/21532974.2013.10784716

Kun, P. Z. (2013). Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal. PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 4(1), 1-14.

Lestyaningrum, I. K. M., Trisiana, A., Safitri, D. A., & Pratama, A. Y. (2022). Pendidikan global berbasis teknologi digital di era milenial. Unisri Press.

Miswardi, M., Nasfi, N., & Antoni, A. (2021). Etika, moralitas dan penegak hukum. Menara Ilmu, 15(2), 150-162.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nguru, D. A. L., Oru, I. R., & Kause, M. (2022). Implementasi pendidikan karakter Kristen di era digital. Prosiding Pelita Bangsa, 1(2), 91-100. https://doi.org/10.30995/ppb.v1i2.506

Oktivian, R. F., & Febrianti, R. A. M. (2018, October 25). Transformasi digital menyambut kehadiran revolusi industri 4. 0. [Conference presentation]. Conference on Management and Behavioral Studies, Jakarta Barat, Indonesia.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Rofiki, A. A. (2018). Integrasi nilai kearifan lokal dalam pendidikan kerukunan umat beragama di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) Kota Jayapura.” Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(1), 62–73

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV sekolah sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196-207.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Sularso, K. S. (2016). Penanaman kearifan lokal dalam penanaman karakter. Pradnya Paramita.

Suradi, A. (2018). Pendidikan berbasis multikultural dalam pelestarian kebudayaan lokal nusantara di era globalisasi. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 5(1), 111-130.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis problema pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165-173.

Utari, U., & Degeng, I. N. S. (2017). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39-44.

Wijana, N. (2015). Pengaruh pengintegrasian pendidikan karakter berorientasi kearifan lokal ke dalam materi ajar mata kuliah ilmu lingkungan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Undiksha. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 647-657.

Wulandari, R., Widiatsih, Asri., Kustiyowati. (2021). Penilaian autentik melalui literasi digital menggunakan google classroom dalam pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember. Journal of Education and Innovation, 4(1), 86-95. https://doi.org/10.31537/jeti.v3i1.594

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Erlande, R. (2024). Akselerasi pendidikan karakter melalui integrasi kearifan lokal dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Journal of Humanities and Civic Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33830/jhce.v2i1.5832.

Issue

Section

Articles