Apakah anda berminat untuk publikasi artikel pada Jurnal Pendidikan? Untuk mendapatkan gambaran utuh tentang jurnal ini silahkan Anda membaca informasi berbagai menu pada situs web ini. Secara khusus perhatikan halaman tentang tujuan dan kebijakan jurnal serta Author Guidelines.

Artikel yang akan diterbitkan di Jurnal Pendidikan diutamakan merupakan hasil penelitian empiris. Analisis konseptual atau model tertentu yang memuat analisis komprehensif dan integratif dapat dipertimbangkan untuk publikasi. Topik artikel mencakup berbagai dimensi pendidikan, seperti kurikulum, pembelajaran, evaluasi, manajemen, kualitas pendidikan, pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam pendidikan, pada berbagai jenjang pendidikan dan berbagai modus pembelajaran.
Naskah belum pernah dipublikasikan di jurnal lain atau pada saat yang sama disubmit pada jurnal lain. Naskah diketik dalam format satu spasi, satu kolom, ukuran kertas A4, dan menggunakan jenis huruf Arial Narrow dengan ukuran font 12.

Penulis perlu terlebih dahulu melakukan registrasi untuk submit artikel. Apabila sudah registrasi dan mendapat password, lakukan log-in dan mengunggah artikel melalui jendela pengiriman di situs web. Ikuti langkah-langkahnya dan berikan informasi yang diminta oleh sistem.

Ketentuan penulisan naskah

  • Judul: Gunakan maksimal 15 kata untuk mendeskripsikan topik utama artikel, ditulis dalam Bahasa Indonesia
  • Penulis: Di bawah judul tulis nama penulis, alamat email penulis, dan institusi penulis.
  • Abstrak: Maksimal 150 kata. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia and English.
  • Kata kunci: Gunakan kata kunci yang merupakan konsep utama untuk memudahkan pencarian artikel. Kata kunci ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Diikuti uraian Isi naskah mengikuti struktur dengan persentase sebagai berikut.

Pendahuluan meliputi latar belakang, rumusan masalah dan tujuan penelitian, serta kajian teori dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan masalah penelitian, kerangka teori (30%).

Metode , menjelaskan jenis dan model penelitian, pengambilan sampel, lokasi dan waktu, jenis data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data (15%).

Temuan dan Pembahasan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan yang mengaitkan hasil dengan teori dan penelitian sebelumnya yang digunakan . Dapat juga ditambahkan implikasi temuan. (45%)

Kesimpulan berupa uraian integratif dari hasil temuan sesuai dengan tujuan penelitian.(10%)

Referensi berisi sumber referensi yang digunakan sebagai sumber dalam teks artikel, disusun menurut abjad, menggunakan sistem American Psychological Association (APA). Gunakan referensi terkini, kurang dari 10 tahun. Delapan puluh (80)% referensi berasal dari artikel jurnal ilmiah.

Ucapan Terima Kasih Jika naskah hasil penelitian yang disponsori oleh pihak tertentu perlu menyertakan pernyataan tentang informasi pendanaan sponsor dan ucapan terima kasih kepada sponsor.

Gunakan Template untuk melayout naskah Anda sebelum diupload pada sistem jurnal.

Untuk naskah konseptual yang berisi analisis berbagai sumber dan pembahasan kritis, sistematika tulisan mengikuti logika penyajian substansi.

Panjang naskah artikel antara 5000 - 6000 kata.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dengan APA 6th Style

Artikel

Satu Penulis

Pope, D. (2019). Subject knowledge for primary teaching: the influence of the personal dimension on beginning primary teachers’ conceptualisations and interpretations. Education 3-13, 47(3), 293–307. https://doi.org/10.1080/03004279.2018.1437199

Dua Penulis

Nilsson, P., & Karlsson, G. (2019). Capturing student teachers’ pedagogical content knowledge (PCK) using CoRes and digital technology. International Journal of Science Education, 41(4), 419–447. https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1551642

Dua penulis atau lebih

Papageorgiou, G., Stamovlasis, D., & Johnson, P. (2013). Primary Teachers’ Understanding of Four Chemical Phenomena: Effect of an In-Service Training Course. Journal of Science Teacher Education, 24(4), 763–787. https://doi.org/10.1007/s10972-012-9295-y

Buku

Satu Penulis

Skemp, R. R. (1987). The Psychology of Learning Mathematics. New Jersey, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Dua Penulis

Newell, A. & Simon, H. (1972). Human Problem Solving. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Bab dalam Buku:

Schoenfeld, A. H. (1987). What’s all the fuss about metacognition? in A. H. Schoenfeld (Ed.), Cognitive Science and Mathematics Education. Hillsdale, NJ: Erlbaum.

Dokumen dari internet:

Stromberg, A. (2002). Trustworthiness in Qualitative Methods. Diakses dari https://www.hu.liu.se/larc/utbildning-information/scientific-methodology/kursmaterial/1.407212 /SciMeth_validitet_strmberg.pdf

Artikel dipresentasikan dalam konferensi/seminar:

Kwon, O. N. (2002). Conceptualizing the Realistic Mathematics Education Approach in the Teaching and Learning of Ordinary Differential Equations.  Presented  at International Conference on the Teaching of Mathematics (at the Undergraduate Level), Hersonissos, Crete , Greece, July 1-6, 2002.

Artikel dalam Prosiding Online:

Dewanthi, S. S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery untuk Memfasilitasi Berpikir Kritis. Dalam Murtadho, Ali (Eds.) Peran Matematika dan Pendidikan Matematika Dalam Menghadapi Isu-isu Global: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 7 Maret 2015 (hal. 187-199). Surakarta: Muhammadiyah University Press. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5988

Artikel dalam Prosiding Cetak:

Nugroho, Z. B. & Harta, I. (2013). The Backgrounds of Female Student’s Enrollment at The Mathematics Education Department of Muhammadiyah University of Surakarta. Dalam Murtadho, Ali., Wardoyo, Ali & Setyawan, Yusuf M (Eds.), Kurikulum Matematika 2013: Berpikir tingkat tinggi dan berakhlak mulia: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 15 Mei 2013 (hal. 182-188). Surakarta: Fairuz Media.

Silakan mencermati manual tentang sistem referensi menurut APA untuk informasi lebih lengkap. Informasi dapat diakses secara online.

Proses Evaluasi Artikel

Naskah yang dinilai oleh editor berpotensi dari segi substansi dan metode akan diperiksa indeks kesamaannya dengan teks artikel online, dengan menggunakan Turnitin. Jika indeks kesamaan dalam batas yang wajar (kurang dari 30%) editor akan memproses lebih lanjut dengan mengirimkannya kepada reviewer.

Artikel akan direview oleh dua reviewer (single-blind) yang ditunjuk oleh editor. Penulis selanjutnya melakukan revisi artikel berdasarkan saran dari reviewer dan editor. Pemberitahuan penerimaan atau penolakan artikel akan dikirim ke penulis melalui email sistem.

Keputusan akhir menerima naskah untuk publikasi dilakukan oleh chief editor. Artikel yang sudah diterbitkan dapat ditarik kembali oleh editor jika di kemudian hari ditemukan bermasalah.

Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan perizinan kutipan, penggunaan software komputer untuk pembuatan manuskrip atau hal-hal lain yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektual, termasuk akibat hukum yang mungkin timbul.