PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KESIAPAN DAN HASIL BELAJAR
Keywords: Hasil Belajar, Kesiapan, Learning Outcomes, Motivasi, Motivation, Problem Based Learning, Readiness
Abstract
The purpose of this research is to investigate the effect of problem based learning (PBL) method on motivation readiness and learning outcomes.The research employs quasi experimental design “On Group Pretest-Postest Designâ€. The total population is 70 students, and the samples selected is18 respondent. The sampling technique employed is non probability sampling. The results of analysis using Wilxocon Matched Pair indicates that there is significant influence of PBL on the dependent variables, with the p-value for learning motivation, p = 0,000, study readiness, p = 0,001 and learning outcomes p = 0,001. The findings confirm that problem based learning (PBL) method has significant effects on motivation study, readiness and learning outcomes, which implies that this methods can be employed for effective teaching learning.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi, kesiapan dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (quasi eksperimental design) dengan rancangan “One Group Pretest-Posttes Designâ€. Jumlah populasi 70 mahasiswa dan sampel yang diambil sebanyak 18 responden. Teknik pengambilan sample dengan Non probability Sampling jenis purposive sampling. Hasil pengolahan data uji Wilcoxon Matched Pair menyatakan bahwa terdapat pengaruh dengan nilai p-value dari masing-masing variabel yaitu motivasi belajar p =0,000, kesiapan belajar p = 0,001 dan hasil belajar p = 0,001. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh signifikan penggunaan metode problem based learning (PBL) terhadap motivasi, kesiapan dan hasil. Dengan demikian metode problem based learning ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam upaya menghasilkan pembelajaran yang efektif.
Downloads
References
Chaerunisa A. (2016). Perbedaan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Ceramah terhadap Hasil Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan STIKes Aisyiah Surakarta. Diakses 20 Agustus 2017 dari web https://eprints.uns.ac.id/ 28991/1/R1115006pendahuluan.pdf.
Desi S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan IV Ditinjau dari Motivasi Belajar Mahasiswa D III Kebidanan. II:133-42. Laporan Penelitian Mandiri.
Ditjen Dikti. (2012). Panduan Pengembangan dan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT). Jakarta.
Ersila W. (2012). Peningkatan Hasil Belajar dengan Metode Problem Based Learning dan Ceramah Pada Mahasiswa Kebidanan di Surakarta Wahyu Ersila STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Prodi DIII Kebidanan, V(2). Laporan Penelitian Mandiri.
Hamidy. (2007). Pengaruh Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa Di Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Laporan Penelitian Mandiri.
Saifudin D. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumadi, S. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Syswianti. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa Karsa Husada Garut. Jurnal Kebidanan, Vol II No 3.
Taufik A. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.