PENGARUH MEDIA GOOGLE EARTH SEBAGAI SUMBER INFORMASI DALAM PENULISAN PUISI OBJEK KELAS X SMA
Keywords: google earth, model pembelajaran, multimodal media, pendidikan, poetry, sistem manajemen pembelajaran, teknologi
Abstract
In today's digital era, learning media is not only limited to print. Many people are very close to various digital media on the internet. The media is multimodal because it combines text, audio, visuals and so on. Something interesting to be developed related to learning that utilizes multimodal media is Google Earth. Google Earth is generally used in learning geography. However, in this study, Google Earth was applied to learning Indonesian poetry texts for class X as a substitute for direct observation. This study aims to see the effect of Google Earth on students' writing results in observing and writing poetry. This study is a quasi-experimental study with a nonequivalent control group design. From this research, it is found that the use of Google Earth is quite effective to improve the ability to make object poetry. And there is a significant (significant) effectiveness difference between the use of Google Earth and conventional learning in improving the ability to write object poetry.
Di era digital saat ini, media pembelajaran tidak hanya terbatas pada bentuk cetak. Banyak orang sangat dekat dengan berbagai media digital yang ada di internet. Media tersebut multimodal karena menggabungkan teks, audio, visual dan sebagainya. Sesuatu yang menarik untuk dikembangkan berkaitan dengan pembelajaran yang memanfaatkan media multimodal adalah dengan media Google Earth. Google Earth umumnya digunakan pada pembelajaran geografi. Namun pada penelitian ini, Google Earth diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia teks puisi kelas X sebagai pengganti pengamatan langsung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Google Earth terhadap hasil tulisan peserta didik dalam melakukan pengamatan dan menuliskan puisi. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa penggunaan Google Earth cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan membuat puisi objek. Serta terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan (nyata) antara penggunaan Google Earth dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi objek.
Downloads
References
Ardyodyantoro, G. (2014). Pemanfaatan google earth dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x SMA Widya Kutoarjo. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan.
Arita, D., & Pranolo, A. (2014). Pemanfaatan aplikasi google earth sebagai media pembelajaran gografis menggunakan metode image enhancement. Publikasi Ilmiah UMS, pp. 165-170.
Emalia, I., & Indihadi, D. (2017). Penggunaan Media Google Earth dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi. Pedadidaktika, 4(1), pp. 90-98.
Fajri, T., A., A. (2020). Pentingnya penggunaan pendekatan multimodal dalam pembelajaran. Waskita.
Fajriana, W. (2021). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran visual google earth terhadap hasil belajar ips terpadu pada materi letak negara-negara Asean siswa mts. Institut agama islam negeri ponorogo. Skripsi tidak diterbitkan.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain score. [Online] Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/nsdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. [Diakses 16 Desember 2019.
Joesyiana, K. (2018). Penerapan metode pembelajaran observasi lapangan (outdor study) pada mata kuliah manajemen operasional. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), pp. 90-103.
Miftah, M. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan, 1(2), pp. 95-105.
Mustakib. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Metode Observasi. Dinamika, 6(3), pp. 67-74.
Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. Wacana, (13)2, pp. 177-181.
Rukminingsih, Adnan, G., Latief, M.A. (2020). Metode penelitian pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Yusuf, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi tidak diterbitkan.