TINGKAT KEPUASAN SISWA SMA TERHADAP PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING PADA MATERI TERMOKIMIA
Keywords: kepuasan siswa, online learning, pandemi covid-19, pembelajaran daring, student satisfaction, termokimia, the covid-19 pandemic, thermochemistry
Abstract
Student satisfaction during online learning needs to be considered because it is a positive response and a benchmark for the success of learning. This study was conducted to examine the level of student satisfaction with online chemistry learning during the pandemic. The method used is survey using quantitative approach. The population in this study was students of 11th grade IPA SMA Negeri 2 Bantul. The research sample consisted of 88 students of science class, selected using simple random sampling technique.. The data collection was carried out using a Student Satisfaction Level Questionnaire consisting of 25 statements with a rating scale 1-5, covering 4 aspects, namely facilities and infrastructure for the implementation of online learning, teacher innovation in learning design, discussion activities in the online learning process and service to students. The results showed a high level of overall satisfaction with online chemistry learning and there was no significant difference in satisfaction between male and female students.
Kepuasan siswa selama pembelajaran daring perlu diperhatikan karena merupakan respon positif dan menjadi tolok ukur keberhasilan suatu pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tingkat kepuasan siswa terhadap pembelajaran kimia secara daring pada materi termokimia selama pandemi. Pendekatan kuantitatif dengan metode survey digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bantul. Sampel penelitian terdiri atas 88 siswa yang secara acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Angket Tingkat Kepuasan Siswa yang terdiri dari dua puluh lima pernyataan dengan penilaian skala 1—5, yang mencakup empat aspek yaitu sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan pembelajaran daring, inovasi guru dalam mendesain pembelajaran, aktivitas diskusi dalam proses pembelajaran daring dan pelayanan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pembelajaran kimia secara daring dan tidak terdapat perbedaan signifikan kepuasan antara siswa laki-laki dan perempuan.
Downloads
References
Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Vol. 7 Issue 5, p395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Al Soub, T.F., Alsarayreh, R.S., & Amarin, N.Z. (2021). Students 'satisfaction with using e-learning to learn chemistry in light of the covid-19 pandemic in Jordanian Universities. International Journal of Instruction, Vol. 14 Issue 3, p1011-1024. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14359a.
Aminoto, Tugiyo, & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, p13-29. https://www.neliti.com/id/ publications/221167/penerapan-media-e-learning-berbasis-schoology-untuk-meningkatkan-aktivitas-dan-h#cite.
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat; Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis, Vol. 7 Issue 7, p13-18. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/ InfoSingkat-XII-7-IP3DI-April-2020-1953.pdf.
Auliyanti, S., Achmad, A., & T. Marpaung, R. (2015). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, Vol. 3 Issue 4. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ JBT/article/view/8126.
Haryati, Siti. (2020). Kepuasan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Belajar. Skripsi. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.
International Journal of Environmental and Science Education, Vol 3 Issue 1 p30 -34.
Kuncahyono & Aini, D.F.N. (2020). Pengembangan Pedoman E-Modul Berorientasi Student Active Learning sebagai Pendukung Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 5 Issue 2, p292-304. https://doi.org/ 10.29407/jpdn.v5i2.13999.
Nilayani, S.A.P. (2020). Survei Kepuasan Siswa Terhadap Proses Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3 Issue 3, p453-462. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/542/536.
Ornek, F., Robinson, W.R., & Haugan, M.P. (2008). What makes physics difficult?
Prasetya, T.A. & Harjanto, C.T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 17 Issue 2, p188-197. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/25286/15801.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P.B., Wijayanti, L.M., Hyun, C.C., & Putri, R.S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, Vol. 2 Issue 1, p1-12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.
Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasi Online. Banten: Universitas Terbuka.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rokhim, D., Asrori, M., & Widarti, H. (2020). Pengembangan Virtual Laboratory Pada Praktikum Pemisahan Kimia Terintegrasi Telefon Pintar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 3 Issue 2, p216–226. https://doi.org/10.17977/ um038v3i22020p216.
Yuangga, K.D. & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. Guru Kita, Vol. 4 Issue 3, p51-58. https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472.
Yunitasari, R. & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2 Issue 3, p232-243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.