PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SUBSTANSI MATERI GENETIK DI SMAN 2 LUWU UTARA SULAWESI SELATAN
Keywords: hasil belajar, learning outcomes, reciprocal teaching
Abstract
Student test results on the concept of genetic material substance are still low so it needs to be improved, one of which is the application of the reciprocal teaching model. This study aims to determine the effect of the reciprocal teaching-learning model on the biology learning outcomes of class XII science students at SMA Negeri 2 Luwu Utara on the concept of genetic material substance. This type of research is a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The population in this study was class XII IPA SMA Negeri 2 Luwu Utara with selected samples namely XII IPA 1 as the experimental class and XII IPA 3 as the control class. Data was collected by giving pretest and posttest with 30 multiple-choice questions. The results of hypothesis testing indicate that the reciprocal teaching-learning model has an effect on student learning outcomes on the concept of genetic material substance at SMAN 2 Luwu Utara.
Hasil ujian siswa pada konsep substansi materi genetik tergolong masih rendah sehingga perlu ditingkatkan, salah satunya dengan penerapan model reciprocal teaching. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 2 Luwu Utara pada konsep substansi materi genetik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XII IPA SMA Negeri 2 Luwu Utara dengan sampel terpilih yakni XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest dengan jumlah soal pilihan ganda sebanyak 30 nomor. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada konsep substansi materi genetik di SMAN 2 Luwu Utara.
Downloads
References
Andira, T., Santoso, B., & Yusup, M. (2018). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching ditinjau dari kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi bangun datar segiempat Applying of reciprocal teaching learning model viewed from students ’ mathematical reasoning on quadrilateral mat. Pythagoras, 13(1), 88–98.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351.
Cicilia, V., Ramadhan, A., & Kundera, I. N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Sains Kelas Vi Sdn 1 Biromaru. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 4(2), 52–59.
Efendi, N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadukan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi Siswa Sma Berkemampuan Akademik Berbeda Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 3(2), 85–109. https://doi.org/10.36733/jsp.v3i2.486.
Hanafi, I. (2014). Pendidikan Teknik dan Vokasional (1st ed.). Deepublish.
Hasanah, S., Rochmad, & Hidayah, I. (2012). Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Bernuansa Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Komuniasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2).
Ketong, S., Burhanuddin, B., & Asri, W. K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(1), 45–54. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5629.
Khusnia, D., & Nuraida, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 484–489. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/18478/14652.
Lamajau, E. (2014). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai melalui Metode Diskusi Kelompok. Universitas Tadulako, 5(1), 201–211. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ JKTO/article/view/3770.
Mulyono, D., & S, A. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 238. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2536.
Nisa, Z., Setiati, N., & Ridlo, S. (2016). Efektivitas Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Protista. Journal of Biology Education, 5(3), 261–270. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i3.14859.
Raida, S. A., Dewi, P., & Yuniastuti, A. (2014). Peran Reciprocal Teaching Komik terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal Og Biology Education, 3(3), 319–329.
Sukardi, D., Susilo, H., & Zubaidah, S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Pikiran (Mind Map) terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 3(2), 81–89. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/7656.
Tanjung, I. F. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching dipadu Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi SMA Kelas XI. Journal of Biology Learning, 3(2), 65–74.
Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 57. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.807.