PERBANDINGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA SECARA TUTORIAL DAN PRESENTASI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH
Keywords: keterampilan proses sains, mastery of concepts, multimedia, penguasaan konsep, presentasi, science process skills, tutorial
Abstract
The purpose of this study was to compare the use of multimedia in the presentation and tutorial of mastery of the concept and process skills in science concerning the immune system. The experimental study was designed with Quasy pre-test post-test, multiple nonequivalent group design. Two treatments for each tutorials and presentations class were employed. Instruments consist of basic concept mastery test, the concept and process skills, questionnaires, and interviews. The result showed that there were differences among the two classes. However, there was no significant difference students process skill in science. Communication skills measured showed no significant difference, while the predictive ability measured showed a significant difference.
Tujuan penelitian ini adalah membandingkan penggunaan multimedia secara presentasi terhadap penguasaan konsep dan KPS pada konsep sistem pertahanan tubuh melalui penggunaan multimedia secara tutorial dan presentasi. Penelitian ini merupakan Quasy eksperiment dengan desain pre-test post-test, nonequivalent multiple group design. Digunakan dua kelas perlakuan masing-masing untuk kelas tutorial dan presentasi. Instrumen yang digunakan meliputi pokok uji penguasaan konsep, pokok uji KPS, angket dan wawancara. Hasi menunjukan adanya perbedaan penguasaan konsep pada kedua kelas perlakuan. Akan tetapi perlakuan yang diberikan tidak menunjukan adanya perbedaan terhadap KPS siswa. Kemampuan komunikasi yang diukur menunjukan tidak adanya, sedangkan kemampuan prediksi yang diukur menunjukan adanya perbedaan yang signifikan.
Downloads
References
Green & Brown. (2002). Multimedia project in the classroom: A guide to development and evaluation. Thousand Oaks California: Corwin Press Inc.
McLaughlin, J., & Arbeider, D. A. (2008). Evaluating multimedia-learning tools based on authentic research data that teach biology concepts and environmental stewardship. Contemporary issues in tand teacher education, 8(1). Diambil 4 Juli 2010, dari http://www.citejournal.org/vol8/iss1/ science/article1.cfm.
Newby., Stepich, & Russel. (2006). Educational technology for teaching andl. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.
Nuraeni (2006). Pengembangan media pembelajaran genetika mikroba berbantuan komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep, kemampuan inkuiri dan sikap mahasiswa. Tesis Master yang tidak dipublikasikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Munir. (2009). Konstribusi teknoligi informasi dan komunikasi TIK dalam pendidikan di era globalosasi pendidikan Indonesia. Jurnal PTIK, 2(2), 1-4.
Putra. (2007). Pengaruh penggunaan softwere presentasi terhadap hasil belajar pada konsep sistem reproduksi. Rustaman, N. et. al. 2003. Strategi belajar mengajar biologi. Bandung: FPMIPA-UPI.
Rustaman, Dirjosoemarto, Yudianto, Achmad, Subekti., &
Rochintaniawati, et al. (2003). Strategi belajar mengajar Biologi. Bandung: FPMIPA-UPI.
Semiawan. (1987). Pendekatan keterampilan proses. Jakarta: PT Gramedia.
Tosun., Suczus, & Yigit. (2006). The effect of computer assisted and computer based teaching methods on computer course success and computer using attitudes of students. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 5(3), 46-53.
Ulfa. (2007). Penerapan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Surabaya: Surabaya Intelectual Club.
Warsita. (2008). Teknologi pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta.
Widodo. (2009). Gambaran penelitian pendidikan biologi: Perkembangan penelitian di jurusan pendidikan biologi FPMIPA UPI. ASIMILASI: Jurnal pendidikan Biologi, 1(1), 54-61.
Wiersma. (1995). Research methods in education an introduction. Massachussetts: A Simon and Schuster Company.
Wulandari. (2009). Pembelajaran biologi dengan menggunakan media animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (Suatu penelitian tindakan kelas di kelas VII A SMP Negeri A SMPN 29 Bandung pada konsep sistem peredaran darah manusia). Skripsi sarjana yang tidak dipublikasikan, Universitras Pendidikan Indonesia, Bandung.
Yoanita. (2009). Pengaruh penggunaan media animasi computer terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran sistem reproduksi manusia. Skripsi sarjana yang tidak dipublikasikan, Universitras Pendidikan Indonesia, Bandung.