MODEL PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PRA-MEMBACA-MENULIS BERBASIS KARAKTER
Keywords: anak usia dini, character education, early childhood, kemampuan pra-membaca-menulis, pendidikan karakter, pre-reading-writing abilities
Abstract
The article draws on research that aims to develop a model of the development of pre-reading-writing ability of a character-based education in kindergarten. The study was used the Research and Development method involving teachers and children at three kindergartens in Jombang. The procedure consists of two phases study, the preliminary studies and model development. Data collected by observation, interviews, documentation, questioner techniques, validation testing experts, and the results are analyzed with qualitative analysis techniques. The results showed that teachers require manual and development model's to pre-reading-writing ability of a character-based, as well as scenario development activity. The model of development gives the possibility for children to develop the ability to recognize text and pre-reading-writing through story. Development model cantains character values on planning, include: objectives, materials, and activities, as well as the implementation, include: introduction, core, and closing activities.
Artikel ini disusun berdasarkan penelitian yang bertujuan mengembangkan model pengembangan kemampuan pra-membaca-menulis berbasis pendidikan karakter di TK. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan penelitian pengembangan melibatkan guru-guru dan anak-anak di tiga TK Kabupaten Jombang. Prosedur penelitian terdiri atas dua tahap, yakni studi pendahuluan dan pengembangan model. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan uji validasi pakar, serta hasilnya dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membutuhkan panduan dan model pengembangan kemampuan pra-membaca-menulis berbasis karakter, serta skenario kegiatan pengembangan. Model pengembangan yang dihasilkan memungkinkan anak mengenal tulisan dan mengembangkan kemampuan pra-membaca-menulis melalui cerita. Model pengembangan memuat nilai karakter pada komponen perencanaan, meliputi: tujuan, materi, dan kegiatan, serta pada pelaksanaan meliputi: pendahuluan, inti, dan penutup.
Downloads
References
Elmubarok, Z. (2009). Membumikan pendidikan nilai, mengumpulkan yang terserak, menyambung yang terputus dan menyatukan yang tercerai. Bandung: Alfabeta.
Frose, V. (1991). Whole language-practice and theory. Boston: Allyn and Bacon.
Hasan, M. (2010). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: Diva Press.
http://www.garuda.dikti.go.id/jurnal/detil/id/48:2818/q/Pembelajaran Membaca Anak Usia Dini/offset/0/limit.
Hurlok, E. B. (1992). Alih bahasa Tjandrasa, M. Perkembangan anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Kurikulum taman kanak-kanak, pedoman pengembangan program pembelajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Manajememn Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Tingkat pencapaian perkembangan anak taman kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Lickona, T. (1994). Raising good children: From birth through the teenage years. New York: Bantam Books.
Megawangi, R. (2009). Pendidikan karakter, solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.
Pusat Kurikulum. (2010). Pengembangan pendidikan dan karakter bangsa. Jakarta: Kemdiknas, Badan Penelitian dan Pengembangan, Puskur.
Republik Indonesia. (2010). Kebijakan nasional pembangunan karakter bangsa. Jakarta: Kemko Kesejahteraan Rakyat.
Richey, R. C. & Klein. J.D. (2007). Design and development research, methods, strategies, and issues. London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Seefeldt, C. & Wasik, B. A. (2008). Penerjemah Pius Nasar. Pendidikan anak usia dini, menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah. Jakarta: PT Indeks.
Sudjana, N. & Ibrahim. (1989). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Wahyuni, S. & Ibrahim, A. S. (2012). Perencanaan pembelajaran bahasa berkarakter. Bandung: PT Refika Aditama.