Desain Riset Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Discovery pada Mata Pelajaran IPA
Keywords: augmented reality, discovery, media pembelajaran.
Abstract
Abstract: Books are the media most often used by teachers. From the analysis of the teacher's needs, it is known that the teacher finds it difficult to explain to students about the form or describe the original form and sometimes gets stuck in just memorizing terms. Therefore, media is needed that can help teachers and students in the learning process. This research aimed to determine product specifications, attractiveness, and practicality of augmented reality learning media products in discovery learning activities in grade VIII natural science subjects on the human respiratory system at SMPK PENABUR Depok. This type of research is development research. The procedure in this development research was adapted from Borg & Gall. The subjects in this study were 40 grade VIII students of SMPK PENABUR Depok for the 2021/2022 academic year. In addition, this study also involved three experts in the fields of augmented reality, learning, and science education. Data analysis shows that the level of product attractiveness is 86.06% and the product practicality level is 88.64%. With these results, the product is declared feasible and can be used as a new learning media in the subject of the respiratory system in humans.
Keywords: augmented reality, discovery, learning media.
Abstrak: Buku adalah media yang paling sering digunakan guru. Dari analisis kebutuhan guru diketahui bahwa guru kesulitan untuk menjelaskan kepada siswa mengenai bentuk atau menggambarkan wujud asli dan terkadang terjebak dalam kegiatan menghafal istilah saja. Oleh sebab itu, dibutuhkan media yang mampu membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui spesifikasi produk, kemenarikan dan kepraktisan produk media pembelajaran augmented reality pada aktivitas pembelajaran discovery dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VIII materi sistem pernapasan pada manusia di SMPK PENABUR Depok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMPK PENABUR Depok tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 40 orang selain itu penelitian ini juga melibatkan tiga ahli pada bidang augmented reality, pembelajaran, dan pendidikan IPA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemenarikan produk sebesar 86,06% dan tingkat kepraktisan produk sebesar 88,64%. Dengan hasil ini maka produk dinyatakan layak dan dapat dijadikan media pembelajaran yang baru dalam materi sistem pernapasan pada manusia.
Kata Kunci: augmented reality, discovery, media pembelajaran.
Downloads
References
Alfarizi, M. (2020). Pengembangan Museum Virtual Reality Berbasis Inkuiri Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X Materi Integrasi Bangsa Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Efendy, M. (2018). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018. Retrieved Mei 2, 2022 from jdih.kemdikbud.go.id
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.
Jalius, N., & Ambiyar. (2016). Media & Sumber Pelajaran. Jakarta: Kencana.
Khoiri, N., & Fauziyah, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Pembe;ajaran untuk Meningkatkan Ketrampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 63-67.
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Agustia, N., & Fitri, A. K. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Teknologi Pendidikan, 291-299.
Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Pada Manusia Dalam Mata Pelajaran Biologi. Edukasi dan Penelitian Informatika, 117-123.
Munawar, Fua, J. L., Kadir, A., & Halmuniati. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Watopule. Kulidawa, 6-10.
Ningsih, M. F. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gelombang. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarya.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Pegawai, T. P. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran. Depok: Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.
Prasetyana, S. D., Sajidan, & Maridi. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Yang Diintegrasikan dengan Group Ivestigation Pada Materi Protista Kelas X SMA Negeri Karangpandan. Inkuiri, 135-148.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoffa, S., Holisin, I., Palandi, J. F., Cacik, S., Dian Indriyani, E. E., Basith, A., & Giap, Y. C. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Bojonegoro: Agrapana Media.
Sutama, & Qorimah, E. N. (2022). Studi Literatur Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 2055-2060.
Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Yuniastuti, Miftakhuddin, & Khoiron, M. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Copyright (c) 2023 Wisnu Pamungkas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.