Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Koloid
Keywords: Koloid, Role Playing, berpikir kritis
Abstract
Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa terutama dalam pembelajaran kimia, namun pembelajaran yang pasif dengan metode konvensional tidak dapat mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 72 siswa, yaitu siswa pada dua kelas XI IPA SMA Negeri 6 Depok dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes keterampilan berpikir kreatif sebanyak 15 soal uraian. Hasil uji hipotesis N-Gain menggunakan uji Mann-Whitney menghasilkan nilai Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi koloid.
Downloads
References
Alpansyah, & Hashim, A. T. (2021). Kuasi Eksperimen: Teori dan Penerapan dalam Penelitian Desain Pembelajaran. Bogor: Guepedia.
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239–248. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.239-248
Beetlestone, F. (2020). Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreativitas Siswa. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Fathurrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatf: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2018). Belajar dan Pembelajaran: Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Kalimedia.
Fitriyanti, U. H., & Marlina, L. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Kreativitas Anak di PAUD Kelompok Bermain Kartini Kabupaten Ogan Komering Ilir. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 158–175. https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4796
Hamdayama, J. (2017). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Handayani, E., & Mery. (2019). Metode Role Playing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Motivasi Peserta Didik Pembelajaran Konsep Ikatan Kimia: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana, Diselenggarakan oleh PPs Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019 (hal. 266–279). Diakses dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2535. Palembang: PPs Universitas PGRI Palembang.
Istiwatie, D., Muarief, S., Muhayanti, D., & Djihan, N. (2021). Pembelajaran Tanpa Tatap Muka: Elastis, Narsis, atau Tragis?. Sumenep: Penerbit MASA.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kebudayaan. Jakarta: PT Gading Inti Prima.
Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: Kencana.
Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran (1st ed.). Purwokerto: IRDH Book Publisher.
Muhsyanur. (2021). Pemodelan dalam Pembelajaran: Mendesain Pembelajaran menjadi Berkarakter dan Berkualitas. Bandung: Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (FORSILADI).
Prayogi, J., Nurhamidah, & Salastri, R. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Koloid di SMAN 4 Kota Bengkulu. ALOTROP, 6(2), 142–150. https://doi.org/10.33369/alo.v6i2.25224
Riduwan, & Sunarto. (2014). Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta CV.
Rusilowati, A., Supardi, K. I., Fathonah, S., Juliyanto, E., ..., & Siswanto. (2021). Pengembangan Instrumen Karakter dalam Pembelajaran IPA (1st ed.). Magelang: Pustaka Rumah Cinta.
Sabekti, A. W., Khoirunnisa, F., Liliasari, & Mudzakir, A. (2020). Integrasi Argumentasi dalam Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Saefuddin, H. A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Sukiastini, I. G. A. N. K., Deprizon, Simatupang, D. F., Aziz, A. A., & Arianto, D. (2021). Metode Pembelajaran Terbaik. Yogyakarta: Nuta Media.
Supriyadi. (2015). Strategi Belajar & Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Cakrawala Ilmu.
Taher, T. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya Lokal. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.34312/jjec.v1i2.2667
Tiastra, M. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Asesmen Portofolio dalam Pembelajaran Kimia di SMA. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.
Torrance, E. P. (2018). Torrance Test Of Creative Thinking. Scholastic Testing Service, Inc. Diakses dari https://www.ststesting.com/gift/TTCT_ InterpMOD.2018.pdf
Tumiwa, K. K., Abdullah, V. I., Lestari, H., Putri, E. B. A., & Kisid, K. M. (2021). Tetap Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid-19 (Jilid 2). Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Uno, H. B. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wijaya, P. A., Sutarto, J., & Zulaeha, I. (2021). Strategi Know-Want To Know-Learned dan Strategi Direct Reading Thinking Activity dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Semarang: CV. Harian Jateng Network.
Copyright (c) 2024 Putri Rahayu, Nanda Saridewi, Aini Nadhokhotani Herpi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.