Merdeka Belajar untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal Berbasis Nilai Pancasila pada Lembaga PAUD
Keywords: Kearifan Lokal; Merdeka Belajar;, Nilai; Pancasila
Abstract
Saat ini sedang terjadi pergantian kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka di jenjang PAUD. Hal yang umum terjadi adalah para guru lebih fokus memperhatikan perubahan pada format rencana pembelajaran seperti RPPH daripada fokus pada esensi yang terdapat pada kurikulum merdeka. Hal yang paling esensi dari kurikulum merdeka di jenjang PAUD adalah pada munculnya nilai Pancasila, di mana nilai tersebut harus diinternalisasikan pada anak melalui berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang bisa dijadikan sebagai media internalisasi nilai Pancasila adalah kegiatan permainan tradisional yang notabene merupakan produk dari kearifan lokal masyarakat Indonesia. Penelitian ini ditujukan untuk mendesripsikan tentang merdeka belajar untuk menumbuhkan kearifan lokal berbasis nilai Pancasila di lembaga PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian netnografi sehingga penulis lebih banyak mengumpulkan data yang berasal dari berita-berita online yang digunakan sebagai media untuk mengakses informasi terkait dengan kurikulum merdeka belajar. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada enam nilai Pancasila yang bisa diinternalisasikan pada anak melalui permainan tradisional, yaitu beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis. Kedua, internalisasi nilai Pancasila melalui permainan tradisional dilakukan dengan mengenalkan berbagai permainan tradisional pada anak, menunjukkan cara memainkan permainan tradisional, serta menunjukkan aturan main dalam memainkannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai Pancasila yang diaktualisasikan oleh anak pada pelaksanaan permainan tradisional dapat mensukseskan implementasi kurikulum merdeka sekaligus melestarikan kearifan lokal pada masyarakat.
Kata kunci: Kearifan Lokal, Merdeka Belajar, Nilai, Pancasila
References
Adit, A. (2022, July 13). Pelajar Pancasila yang Cerdas dan Berkarakter, Ini 6 Cirinya. https://www.kompas.com/edu/read/2022/07/13/150700771/pelajar-pancasila-yang-cerdas-dan-berkarakter-ini-6-cirinya?page=all
Anggraeni, V. P. (2022, July 16). Ketahui Kurikulum Merdeka Belajar di Satuan PAUD, 3 Poin Ini Wajib Dipahami! https://prsoloraya.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1115017579/ketahui-kurikulum-merdeka-belajar-di-satuan-paud-3-poin-ini-wajib-dipahami?page=2
Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462
Bhagaskoro, P., Utungga Pasopati, R., & Syarifuddin, S. (2019). Pancasila Dalam Interaksi Kearifan Lokal Dan Ideologi Transnasional. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 112. https://doi.org/10.33474/jisop.v1i2.4806
Cantú-Ballesteros, L., Urías-Murrieta, M., Figueroa-Rodríguez, S., & Salazar-Lugo, G. M. (2017). Teacher‘s Digital Skills in Relation to Their Age, Gender, Time of Usage and Training with a Tablet. Journal of Education and Training Studies, 5(5), 46. https://doi.org/10.11114/jets.v5i5.2311
Dwi Riyanti, B. P., Sandroto, C. W., Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta, Indonesia, Warmiyati D.W, M. T., & Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta, Indonesia. (2016). Soft Skill Competencies, Hard Skill Competencies, and Intention to Become Entrepreneur of Vocational Graduates. International Research Journal of Business Studies, 9(2), 119–132. https://doi.org/10.21632/irjbs.9.2.119-132
Evelina, L. W. (2019). Komunitas adalah Pesan: Studi Netnografi Virtual di Situs Wisata TripAdvisor. Warta ISKI, 1(02). https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.19
Gavrilets, S., & Richerson, P. J. (2017). Collective action and the evolution of social norm internalization. Proceedings of the National Academy of Sciences, 114(23), 6068–6073. https://doi.org/10.1073/pnas.1703857114
Ikhsan, A. (2022, September 19). Profil Pelajar Pancasila. https://jambione.com/read/2022/09/19/25161/profil-pelajar-pancasila
Istiawati, N. F. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL ADAT AMMATOA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KONSERVASI. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 10(1), 1. https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i1.78
Mabruri, I. (2021, Desember). Wujudkan Merdeka Belajar melalui Permainan Tradisional. https://www.indonesiana.id/read/151151/wujudkan-merdeka-belajar-melalui-permainan-tradisional
Manullang, B., & Kons, S. M. MS. (2010). Notice of Retraction: The integration of soft skill and hard skill in learning revolution. 2010 2nd International Conference on Education Technology and Computer, V3-436-V3-439. https://doi.org/10.1109/ICETC.2010.5529505
Masrifa, S. (2022, March 10). Berbagi Cerita Bentuk Merdeka Belajar di Rumah. https://www.gurusiana.id/read/sitimasrifa/article/berbagi-cerita-bentuk-merdeka-belajar-di-tk-2909040
Mawardi, R. A. (2022, July 28). Apa Itu Profil Pelajar Pancasila? Ini 6 Dimensinya yang Siswa Wajib Tahu. Www.Detik.Com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6203686/apa-itu-profil-pelajar-pancasila-ini-6-dimensinya-yang-siswa-wajib-tahu
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
Nugroho, F. T. (2022, Agustus). Pengertian Profil Pelajar Pancasila, Kegunaan, dan Dimensinya. Www.Bola.Com. https://www.bola.com/ragam/read/5048306/pengertian-profil-pelajar-pancasila-kegunaan-dan-dimensinya
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Pitopang, A. (2022, September 29). 5 Kesalahan Fatal yang Ditemukan saat Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Www.Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/akbarisation/63354c9097125e7930499482/meluruskan-5-hal-keliru-dalam-penerapan-implementasi-kurikulum-merdeka?page=4&page_images=1
Prastiwi, M. (2022, July 28). Contoh Penerapan P5 pada Kurikulum Merdeka di Jenjang PAUD. https://edukasi.kompas.com/read/2022/07/28/065512671/contoh-penerapan-p5-pada-kurikulum-merdeka-di-jenjang-paud?page=all
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rizki, A. (2022, June 14). 3 Komponen Merdeka Bermain untuk Siswa PAUD, Begini Penjelasannya. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6127405/3-komponen-merdeka-bermain-untuk-siswa-paud-begini-penjelasannya
Rofiq, A. (2022, September 9). Workshop Kurikulum Merdeka, Bupati Blitar Dorong Lahirnya Profil Pelajar Pancasila. https://blitar.jatimtimes.com/baca/273029/20220909/165600/workshop-kurikulum-merdeka-bupati-blitar-dorong-lahirnya-profil-pelajar-pancasila
Shiroishi, Y., Uchiyama, K., & Suzuki, N. (2019). Better Actions for Society 5.0: Using AI for Evidence-Based Policy Making That Keeps Humans in the Loop. Computer, 52(11), 73–78. https://doi.org/10.1109/MC.2019.2934592
Sugiyati, S. (2022, Oktober). Sri Sugiyati Tulisan ke 9 PROFIL PELAJAR PANCASILA. Www.Gurusiana.Id. https://www.gurusiana.id/read/srisugiyatispd/article/sri-sugiyati-tulisan-ke-9-profil-pelajar-pancasila-4008560
Widodo, K. S. (2022, April 13). Bermain Bermakna Melalui Kurikulum Merdeka di Tingkat PAUD. https://eduwara.com/bermain-bermakna-melalui-kurikulum-merdeka-di-tingkat-paud
Wiratmaja, I. N., Suacana, I. W. G., & Sudana, I. W. (2021). Penggalian Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bali Dalam Rangka Penguatan Wawasan Kebangsaan. POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.22225/politicos.1.1.3009.43-52
Copyright (c) 2022 Novan Ardy Wiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.