Penggunaan Sapaan Pedagang Makanan di Lingkungan Kampus

Authors

  • Hilma Erfiani Baroroh Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/humaya_fhisip.v2i1.3425

Keywords:

Kata sapaan, pola tuturan sapaan, kajian sosiolinguistik

Abstract

This research is a sociolinguistic study conducted in a simple scope of a campus setting. It aims at understanding the pronominal address system that is used in business conversational settings between sellers-buyers and canteen owners and their employees, as well as the responses from the speakers i.e. both the buyers and canteen employees. The theory used to achieve the goal is Brown and Gilman’s theory of pronominal address forms (1972). The analysis on the seven ways used by sellers in addressing (1) students; (2) security officers; (3) sellers from their own/same hometown; (4) sellers from different hometowns; (5) parking attendants; (6) photocopy employees; and (7) cleaning service employees, revealed that ‘addressing by name only’ was used to address younger people that the sellers had known already, as well as for addressing people whom they considered close, while the words “Mas†(brother), “Mbak†(sister), Ibu (madam), and Bapak (mister) were used for addressing older people as honorific titles that are deemed more respectful. The findings confirmed one of the Indonesians’ typical “Eastern†values, which is the use of specific pronominal address words in day-to-day lives.

 

Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang sosiolinguistik, yang dilakukan di ruang lingkup yang sederhana yaitu di lingkungan kampus. Penelitian ini berusaha mengungkapkan sistem sapaan yang digunakan pada tuturan seputar kegiatan perdagangan, antara penjual-pembeli maupun antara pemilik kantin dengan pegawainya dan respon yang diberikan oleh petutur, baik itu pembeli maupun pegawai kantin. Teori yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah teori tutur sapa Brown dan Gilman (1972). Dari tujuh analisis penggunaan sapaan pedangang kepada (1) mahasiswa; (2) satpam; (3) sesame pedagang sedaerah; (4) sesama pedagan lain daerah; (5) petugas parkir; (6) petugas fotokopi; dan (petugas cleaning service), ditemukan panggilan “nama†sapaan bagi yang lebih muda karena sudah mengenal dan sebagai sapaan langsung secara akrab, dan panggilan “Masâ€, “Mbaâ€, “Ibuâ€, dan “Bapak†bagi yang lebih tua karena untuk lebih menghormati. Hal ini sejalan dengan ciri khas budaya ketimuran orang Indonesia dan kata sapaan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Ertinawati, Yuni dan Nurjamilah, Ai Siti. (2020). Analisis Variasi Kata Sapaan antara Penjual dan Pembeli di Pasar Induk Cikurubuk Tasikmalaya ditinjau dari Perspektif Pragmatik. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Vol. 10 No. 2. https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/3027.

Fasold, Ralph. W. (1990). The Sociolinguistic of Language. Oxford: Blackwell

Djajasudarma, F. (2006). Metode Linguistik. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kasmawati. (2021). Kata Sapaan Sebagai Penanda Sosiolek Dalam Terjemahan Novel Burung-Burung Manyar Karya YB. Mangunwijaya Oleh Megumi Funachi. Kiryoku: Jurnal Studi Kejepangan. Volume 5 No. 1. di http://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku.

Kridalaksana, H. (1982). Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Jakarta: Penerbit Nusa Indah.

Mahsun, M.S. (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mursyidah, dkk. (2021). Penggunaan Sapaan Kekerabatan Bahasa Aceh dalam Tuturan Masyarakat Kabupaten Aceh Utara. Kande Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://ojs.unimal.ac.id/kande/article/view 4686.

Subiyatningsih. (2008). “Kaidah Sapaan Bahasa Madura†dalam Identitas Madura dalam Bahasa dan Sastra. Sidoarjo: Balai Bahasa Surabaya.

Suhardi, B. dan Sembiring, B.C. (2007). “Aspek Sosial Bahasa†dalam Pesona Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sumampouw, E. (2000). “Pola Penyapaan Bahasa Indonesia dalam Interaksi Verbal dengan Latar Multilingual†dalam Kajian Serba Linguistik untuk Anton Moeliono. Jakarta: Pereksa Bahasa.

Suryani, dkk. (2020). Variasi Sapaan Pedagang Buah Di Madura. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Stilistika. Vol.13 no. 1. Http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/article/view/3658.

Wardhaugh, R. (2006). An Introduction to Sociolinguistics. Edisi kelima. Oxford: Blackwell Publishing.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Erfiani Baroroh, H. (2022). Penggunaan Sapaan Pedagang Makanan di Lingkungan Kampus. Jurnal Humaya: Jurnal Hukum, Humaniora, Masyarakat, Dan Budaya, 2(1), 67–83. https://doi.org/10.33830/humaya_fhisip.v2i1.3425

Issue

Section

Articles