Konstruksi Pemahaman Pendekatan Deep Learning di Kalangan Guru Sekolah Dasar : Sistematic Literature Review
Keywords: Character; Learning; Elementary School
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya membangun konstruksi pemahaman deep learning guru sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Sistematic Literature Review (SLR) yaitu mengumpulkan dan menyusun bukti-bukti pendukung secara terstruktur yaitu 10 artikel ilmiah relevan yang dipublikasikan 3 tahun terakhir mengenai pendekatan deep learning khususnya berhubungan dengan pemahaman guru di tingkat sekolah dasar. Temuan penelitian dalam membangun konstruksi pemahaman deep learning guru sekolah dasar dipengaruhi oleh empat hal yaitu penguasaan materi, pengalaman mengajar, kemampuan teknologi dan seni. Keempat hal ini menjadi faktor keberhasilan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yang meaningful, mindful dan joyful. Penelitian ini berkontribusi penting untuk memperkuat pemahaman guru sekolah dasar dalam merencanakan dan mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan deep learning pada berbagai mata pelajaran guna menciptakan kebermaknaan, kesadaran dan kegembiraan dalam membangun mutu pendidikan Indonesia.
References
Adnyana, I. K. S. (2024). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Retorika, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.5304
Diputera, A. M., & Zulpan, E. G. (2024). Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful, Mindful dan Joyful: Kajian Melalui Filsafat Pendidikan. Bunga Rampai Usia Emas, 4(2), 108-120.
Epik, Y., Elihami, E., & Setiawan, D. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi melalui Pembelajaran Deep Learning pada Siswa Kelas IV UPT SDN 8 Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 421-431.
Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2018). Deep learning: Engage the World Change the World. Corwin Press.
Girsang, M. K., & Rahayu, C. (2025, March). Bagaimana Pengimplementasian Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam Belajar Matematika: Studi Literatur. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung (pp. 497-507).
Gufron, I. A., & Suryahadikusumah, A. R. (2024). Kajian Aksiologi Pembelajaran Berbasis Deep Learning Pada Pendidikan Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 556-567.
Hasanah, N., & Pujiati, P. (2025). Penerapan Pendekatan Deep Learning Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Kota Bekasi. El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 72-79.
Hattie, J. (2012). Visible Learning for Teachers: Maximizing Impact on Learning. Routledge.
Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3).
Kahneman, D., & Renshon, J. (2007). Why Hawks Win. Foreign Policy
Kontesa, D. A., & Fuadi, D. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Active Deep Learner Experience Dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1416-1427.
Nabila, S. M., Septiani, M., Fitriani, F., & Asrin, A. (2025). Pendekatan Deep Learning untuk Pembelajaran IPA yang Bermakna di Sekolah Dasar. Primera Educatia Mandalika: Elementary Education Journal, 2(1), 9-20.
Putri, R. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69-77.
Wijaya, A. A., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 1 Wulung, Randublatung, Blora. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 451-457.
W. Chong, T. . Lin, and Y. Chen, “A methodological review of systematic literature reviews in higher education: heterogeneity and homogeneity,” Educational Research Review, vol. 35, p. 100426, 2022, doi: 10.1016/j.edurev.2021.100426.
Y. Xiao and M. Watson, “Guidance on conducting a systematic literature review,” Journal of Planning Education and Research, vol. 39, no. 1, pp. 93–112, 2019, doi: 10.1177/0739456X17723971.
Zhu, A. ari, and . . Lee, “A systematic review of research methods and topics of the empirical MOOC literature ( 2014–2016 ),” Internet and Higher Education, vol. 37, pp. 31–39, 2018, doi: 10.1016/j.iheduc.2018.01.002
Copyright (c) 2025 Indar Prabowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.