Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Metode PjBLdan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VI
Keywords: PjBL, Project Based Learning, Science, Solar System, Kelas 6
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Burangkeng 02 pada pembelajaran IPA. Penelitian ini melalui dua siklus, siklus pertama menggunakan metode mind mapping dan siklus kedua menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Subjek penelitian berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi guru, observasi siswa dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode mind mapping dan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan motivasi siswa dan hasil belajar IPA pada muatan pembelajaran IPA di kelas VI C SD Negeri Burangkeng 02 dengan peningkatan motivasi sebesar 40% dan hasil belajar 54,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Project Based Learning (PjBL) dan Mode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
References
Hartono, D. P., & Aisyah, S. (2018). PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa : Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2 (1), 1–11.
Hera, E., & Agnes, H. (2021). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar.
Idamatus Saaddiyah, L., & Anjarwati, A. (2022). Model Project Based Learning (PjBL) dengan Augmented Reality (Ar) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Digital Natives. Journal of Physics and Science Learning, 6(No. 2).
Iwak, G. W., & Wihardit, K. (2013). Peneitian Tindakan Kelas. UT Press.
Ngalimun. (2016). Strategi Dan Model Pembelajaran. Aswaja Presindo.
Novinta Sari, R., & Atiningsih. (2023). Implementasi Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya Lembaga “Bale Literasi” , 3(No. 1).
Setiawan, L. , Permana, T. I., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5 (4), 1879–1887.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Copyright (c) 2023 Ika Farida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.