Partisipasi Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Fhisip UT pada Program MOOCS Public Speaking yang Dikembangkan UT

Authors

  • Nila Kusuma Windrati Universitas Terbuka
  • Isma Dwi Fiani Universitas Terbuka
  • Arifah Bintarti Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/ptjj.v22i2.2302.2021

Keywords:

Moocs, Public Speaking, Partisipasi

Abstract

Massive Open and Online Courses (MOOC) Public Speaking (PS) adalah bentuk layanan pengabdian masyarakat yang dikembangkan UT secara online dan bersertifikat. Program ini mengajarkan pada pesertanya tentang praktik public speaking secara gratis dan bisa diikuti oleh siapapun yang berminat untuk mempelajari PS, termasuk mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi FHISIP UT. Oleh karena itu, seharusnya mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi FHISIP UT memanfaatkan program yang ditawarkan UT tersebut dengan cara berpartisipasi mengikuti program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi FHISIP UT dalam program MOOC Public Speaking berserftifikat yang dikembangkan UT, yang dilihat dari peran aktif mereka dalam mencari informasi adanya program Moocs Public Speaking, dan peran aktif mereka dalam mengikuti proses pembelajaran dalam Moocs. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa survey dan wawancara mendalam. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kelompok mahasiswa PS S1 Ilmu Komunikasi FHISIP UT yang mengikuti program Moocs PS pada tahun 2018-2019 sebanyak 2 orang dan Mahasiswa PS S1 Ilmu Komunikasi FHISIP UT yang telah/sedang mengambil matakuliah PS pada masa registrasi 2020.1. (10 orang). Temuan dalam penelitian ini adalah sebagai Berikut: 1). Temuan dari peserta moocs: mereka mendapatkan informasi program Moocss PS dari searching di website UT, Peserta Moocs PS aktif di program Moocs PS pada kelas diskusi, namun tidak aktif dalam pengerjaan tuga. 2). Temuan penelitian dari Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi yang tidak mengikuti Moocs PS: tidak ikut program Moocs PS karena tidak mengetahui adanya program Moocs PS.

 

Massive Open and Online Courses (MOOC) Public Speaking (PS) is a form of community service developed by UT online and certified. This program teaches participants about the practice of public speaking for free. Anyone can follow by interested in studying PS, including students of the S1 Communication Studies Study Program, FHISIP UT. Therefore, students of the S1 Communication Studies Program, FHISIP UT, should take advantage of the programs offered by UT by participating in the program. This study aims to find out how the participation of S1 Communication Studies students from FHISIP UT in the certified public speaking MOOC program developed by UT, which can be seen from their active role in seeking information on the Moocs Public Speaking program, and their functional role in participating in the learning process in Moocs. . The research design used is descriptive qualitative, with data collection methods in the form of surveys and in-depth interviews. As for the informants in this study, two groups of PS S1 Communication Studies students from FHISIP UT participated in the PS Moocs program in 2018-2019 and PS S1 Communication Studies students from FHISIP UT who have taken/are currently taking PS courses during the 2020 registration period. (10 people). The findings in this study are as follows: 1). Results from MOOCs participants: they got information about the Moocs PS program from searching on the UT website; Moocs PS participants were active in the Moocs PS program in discussion classes but were not involved in doing assignments. 2). Research findings from S1 Communication Studies students who did not participate in the Moocs PS program: did not participate in the Moocs PS program because they did not know about the Moocs PS program.

References

Asih, Irsanti Widuri, Arifah Bintarti, Nila Kusuma Windrati. 2017. Pengembangan Model Matakuliah Praktik Untuk PS S1 Ilmu Komunikasi FHISIP UT. Laporan Penelitian. LPPM. UT. Jakarta.
Bintarti, Arifah, dkk. 2017. Pengembanagn Kurikulum Yang Selaras Dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia(Kkni) Pada Program Studi S1 Ilmu Komunikasi. Laporan Penelitian. LPPM. UT. Jakarta
Hendrayani dan Dharmawan, Yohana Purnama. 2014. Public Speaking. Buku Materi Pokok. Universitas Terbuka. Jakarta
Pribadi, Bennny A. 2017. Media Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana. Jakarta
Windrati, Nila Kusuma, dkk. 2016. Tuntutan KKNI Dalam Pengembangan Kompetensi Program Program Studi S1 Ilmu Komunikasi FISIP-UT. Laporan Penelitian. LPPM. UT. Jakarta
Lembaga Sertifikasi Profesi Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan. 2016. BNSP menuju Indonesia yang kompeten. Diakses dari https://id.linkedin.com/pulse/bnsp-menuju-indonesia-yang-kompeten-lsp, pada tanggal 24 januari 2018.
MOOCs.ut.ac.id diakses pada tanggal 13 Februari 2018.
Bates, Tony. 2014. What Is A MOOC?. Online Learning and Distance Education Resources. Diakses dari https://www.tonybates.ca/2014/10/12/what-is-a-mooc/ pada tanggal 30 januari 2020.
Mora, Sergio Lujan. 2013. What Is A MOOC. Diakses dari http://desarrolloweb.dlsi.ua.es/moocs/what-is-a-mooc pada tanggal 30 Januari 2020.
Simonson, Michael et.al. (2012). Teaching and Learning at a Distance. Fifth Edition. Pearson Education, Inc. Boston, MA.

Downloads

Published

10-03-2021

How to Cite

Nila Kusuma Windrati, Isma Dwi Fiani, & Arifah Bintarti. (2021). Partisipasi Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Fhisip UT pada Program MOOCS Public Speaking yang Dikembangkan UT. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 22(1), 10–18. https://doi.org/10.33830/ptjj.v22i2.2302.2021

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.