Menumbuhkan Kesadaran dan Keterlibatan Sosial Mahasiswa: Best Practice Dalam Perkuliahan Mata Kuliah Filantropi Pendidikan
Keywords: model pembelajaran, filantropi, pendidikan, learning model, philanthropy, aeducation
Abstract
Abstract: This study aims to analyze whether the educational philanthropy learning model can foster student awareness and social engagement. The research used a qualitative approach. Data collection techniques are carried out by participatory observation techniques, where researchers are directly involved during lectures through presentation activities and in-depth interviews. The resource persons in this study were lecturers who taught educational philanthropy, students of the Islamic Religious Education Management (MPI) study program classes A, B and C. After the data is collected it is then analyzed by data reduction. Then the presentation of the data is used so that it can be accessed and understood easily. The next stage draws conclusions. The results of this study show that the educational philanthropy learning model can foster student awareness and involvement and can create an independent character, but there are still several factors that become obstacles in learning educational philanthropy courses, namely students are still not on time in collecting mini research report assignments that have been determined by lecturers who teach educational philanthropy courses.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model pembelajaran filantropi pendidikan dapat menumbuhkan kesadaran dan keterlibatan sosial mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif, yaitu peneliti terlibat langsung selama perkuliahan melalui kegiatan presentasi dan wawancara mendalam. Narasumber dalam penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah filantropi pendidikan dan mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Agama Islam (MPI) kelas A, B dan C. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan reduksi data. Kemudian penyajian data tersebut digunakan agar dapat diakses dan dipahami dengan mudah. Tahap selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran filantropi pendidikan dapat menumbuhkan kesadaran dan keterlibatan mahasiswa serta dapat menciptakan karakter yang mandiri, akan tetapi masih ada beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran mata kuliah filantropi pendidikan yaitu mahasiswa masih belum tepat waktu dalam pengumpulan tugas laporan mini research yang telah ditentukan dosen pengampu mata kuliah filantropi pendidikan.
Downloads
References
Alam, N. A. R. (2019). Model Pembelajaran PAI di Lembaga Filantropi Pendidikan: Studi di Panti Asuhan Putra Al-Islam Yogyakarta. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 3(1), 45. https://doi.org/10.30595/jssh.v3i1.2195
Al-Mubarok, F., & Muslim, A. B. M. B. (2020). Kesalehan Sosial Melalui Pendidikan Filantropi Islam. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 1(1), 1-15. https://doi.org/10.33853/jiebar.v1i1.57.g49
Adnyana, K. S. (2020). Peran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pembentukan Karakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 11-20. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.523
Ardiansyah, F., Agustin, F., Muhtadi, R., Timur, J., & Timur, J. (2021). Digitalisasi Filantropi Islam Pada Pesantren Di Pulau Madura Digitalization of Islamic Pillantrophy in Islamic Boarding Schools on the Island of. Journal Of Islamic Banking And Shariah Economy, 1(2), 225–255. https://doi.org/10.36781/iqtisadie.v1i2.172
Bustomi, M. J. (2012). Ketimpangan Pendidikan Antar Kabupaten/Kota dan Implikasinya di Provinsi Jawa Tengah. Economics Development Analysis Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.15294/edaj.v1i2.477
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46.
https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739
Diasti, K. (2021). Faktor-Faktor Pendukung Dan Penghambat Belajar Dalam Jaringan (DARING). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2 march), 151–162. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia
Eli, Z. S. (2021). Metode Penelitian di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93
Herlina, S. (2020). Aplikasi Filantropi Dalam Ekonomi Islam. TIN : Terapan Informatika Nusantara, 1(4), 186–195.
Latief, H. (2016). Filantropi Dan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 28(1), 123. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i1.540
Mohiddin, M. N. (2021). Philanthropy Culture & Waqf Contribution For Islamic Education In Brunei Darussalam: Budaya Filantropi & Sumbangan Wakaf Untuk Pendidikan Islam Di Negara Brunei Darussalam. al-Qanatir: International Journal of Islamic Studies, 23(2), 1-19. Retrieved from http://www.al-qanatir.com/aq/article/view/353
Nahdiyah, A. C. F. (2023). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2).
Novi, N. A., & Subiyantoro. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Ketuhanan Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Toleransi Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri 1 Rimo. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(02), 27–33. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v7i02.213
Noviati, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Man 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3010
Rizal, F., & Mukaromah, H. (2020). Filantropi Islam Solusi Atas Masalah Kemiskinan Akibat Pandemi Covid-19. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 3(1), 35–66. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v3i1.631
Pitoewas, B. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Sikap Remaja terhadap Perubahan Tata Nilai. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 3(1), 8 -18. 10.24269/jpk.v3.n1.2018.pp8-18
Sapara, M. M., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Dampak lingkungan sosial terhadap perubahan perilaku remaja perempuan di desa ammat kecamatan tampan’amma kabupaten kepulauan talaud. Jurnal Holistik, 13(3), 1–16. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/29607
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54-71. Retrieved from https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230
Siddik, I. R. (2019). Aktivitas Filantropi Islam Di Kalangan Jama’Ah Tabligh Halqah Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara. TAQNIN: Jurnal Syariah Dan Hukum, 1(1), 109–133. https://doi.org/10.30821/taqnin.v1i1.4885
Sulaeman, A. (2021). Filantropi Islam dalam Upaya Pembentukan Karakter dengan Sistem Pendidikan Terpadu Islamic Philanthropy and Its Efforts to Build Character with an Integrated Education System. Alhamra: Jurnal Studi Islam, 2(2), 123–133. 10.30595/ajsi.v2i2.11701
Surya, G. G. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159.
http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
Tohari, K., & Machali, I. (2022). Manajemen Filantropi Islam untuk Pendidikan Studi Program Jogja Cerdas Baznas Kota Yogyakarta. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 14(1), 1–24. https://doi.org/10.37252/annur.v14i1.197
Widiyarto, S., Sartono, L. N., & Mubasyira, M. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dan Moral Film Koala Kumal. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 9(2), 50. https://doi.org/10.29406/jpk.v9i2.2328
Zulfarno, Mursal, R. S. (2019). Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al- Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Sma Muhammadiyah Kota Padang. Islamic Education Journal, 1(2), 117–131. https://doi.org/10.31869/ruhama.v2i2.1698
Copyright (c) 2023 Novi Andriani, Heru Sulistya, Sedya Santosa, Adrian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.