Improving Chemistry Learning Outcomes for Grade X Hydrocarbon Material Using the Method Student Teams Achievement Division (STAD)
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Student Teams Achivement Division (STAD).
Abstrak
Tingkat pencapaian belajar siswa kelas XD di SMAN 1 Kurau dalam mata pelajaran kimia masih tergolong rendah, ditunjukkan oleh rendahnya jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan, yakni hanya 25,93%. Keikutsertaan aktif siswa selama proses belajar juga masih minim. Tujuan penelitian ialah guna mengetahui efektivitas penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam menaikkan hasil belajar siswa agar meraih target ketuntasan klasikal sejumlah 85%. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas XD SMAN 1 Kurau, dan dibagi menjadi dua siklus. Tiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mencakup tes, observasi, serta dokumentasi, sedangkan analisa data dilakukan secara kuantitatif. Dari hasil penelitian, bisa ditarik kesimpulan yakni implementasi metode STAD terbukti mampu menaikkan hasil belajar kimia siswa di kelas tersebut hingga mencapai standar ketuntasan klasikal sejumlah 85%.
Hak Cipta (c) 2025 Ainun

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.