Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Fraksi Pada Siswa Kelas 4
Keywords: Pembelajaran Diferensiasi, Media Belajar, Pecahan
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa dimana hanya 23% siswa yang memahami pecahan. Aspek yang diamati adalah peran pembelajaran diferensiasi berbasis multimedia terhadap pemahaman siswa pada materi pecahan. Metode pengumpulan data dilakukan dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2, berupa tes tertulis dan instrumen observasi aktivitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada siklus 1 melalui pembedaan proses dan isi dalam diskusi, serta media pendukung, hasil yang dicapai belum sesuai dengan yang diinginkan karena 63% siswa belum tuntas. Maka siklus 2 dilaksanakan agar siswa lebih memahami materi pecahan. Pada siklus 2 terdapat pengumpulan data berupa tes dengan menggunakan media quizizz yang memerlukan perangkat dengan internet. Berdasarkan kegiatan pada siklus 2, hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus 1, namun belum mencapai target. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara berkala pada setiap siklusnya dengan adanya peningkatan persentase siswa yang memahami materi pecahan dengan menggunakan metode pembelajaran diferensiasi berbasis multimedia.
References
Ery Tri Djatmika & Pipit Pudji Astutik. "Learning Profile Mapping for Differentiated Instruction Implementation” International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), vol 10, no. 7, 2023, pp. 51-56. DOI: https://doi.org/10.20431/2349- 0381.1007006
Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di https://kbbi.kemdikbud. go.id/entri/pembelajaran
Karso, dkk. (2014). Pendidikan Matematika I. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Puspitasari, Verdiana. (2020, November). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran BIPA di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and development 2 (311). Diakses di https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2173/1122
Ramadhan, M. Syahrul. (2022, 18 Februari). Bilangan Pecahan: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya. Diakses di https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/8N0GjwrK-bilangan-pecahan-pengertian-jenis-jenis-dan-contohnya
Tomlinson, C.A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Differentiated Instruction. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.
Tomlinson, Carol A. (2014). The Differentiated Classroom. Diakses di https://files.ascd.org/staticfiles/ascd/pdf/siteASCD/publications/books/differentiated-classroom2nd-sample-chapters.pdf
Yunazwardi, I. (2018, 1 Mei). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Finlandia. Era Indonesia. Diakses di https://www.era.id/read/KmUWK3-konsep-pendidikan-ki-hajar-dewantara-dan-finlandia
Wardani, Igak. (2017). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardani, Igak; Kuswaya wihardit. (2018). Modul 2. Langkah – langkah Penelitian Tindakan Kelas: Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2023 DHEA SEPTIANDHIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.