Jurnal Pendidikan (JP) is a bi-annual journal - publish twice each calendar year, March and September, Open Access (CC-BY-NC-SA), published by the Institute for Research and Community Service, Universitas Terbuka, Indonesia. JP publishes articles in the field of education which reports empirical research on significant topics across educational contexts, in terms of research design and findings. The focus of the research can be in curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education technology.  Papers, which provide critical literature reviews of research on specific educational topics are also welcomed.

Jurnal Pendidikan accepts articles in Bahasa Indonesia and English.

The Journal has migrated from OJS 2.0  to OJS 3.2 in December 2019, therefore information on data access by readers has restarted from zero in January 2020.

 

Penjelasan tentang Jurnal 

Jurnal Pendidikan (JP) menerbitkan artikel dua kali satu tahun, bulan Maret dan September,  Open Access menggunakan lisensi CC-BY-NC-SA, diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Universitas Terbuka, Indonesia.

JP menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan yang melaporkan penelitian empiris tentang topik-topik yang penting bidang pendidikan menggunakan desain penelitian yang tepat dan hasil yang dijelaskan dengan baik dan utuh. Fokus penelitian dapat tentang kurikulum, pembelajaran, evaluasi, kualitas pendidikan, manajemen, dan teknologi pendidikan. Artikel yang berisi analisis kritis terhadap  literatur ilmiah tentang topik pendidikan tertentu juga dapat diterbitkan.

Tujuan jurnal ini adalah menerbitkan artikel hasil penelitian berkualitas yang mempunyai potensi memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu melalui penelitian lebih lanjut, kebijakan dan praktik pendidikan, dalam berbagai konteks dan paradigma penelitian. 

Jurnal Pendidikan menerima artikel dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Pada bulan Desember 2019 Jurnal Pendidikan telah migrasi dari OJS 2.0 ke OJS 3.2.  dengan demikian informasi tentang jumlah akses ke jurnal oleh pembaca kembali ke nol pada Januari 2020.