PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PPKN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords: conceptual understanding, cooperative learning model, jigsaw type, kemampuan pemahaman konsep, learning motivation, model pembelajaran kooperatif, motivasi belajar, tipe jigsaw
Abstract
The research analyses the effect of cooperative learning model Jigsaw type and learning motivation on student’s understanding on citizenship subject. The research method uses quasi experimental design with post test only control design. The subject of research was 44 students which constitutes two classes, experiment and control classes. The data collection employs test and questionnaire. The data was analyzed using Two-way Anova test. The results show that cooperative learning model Jigsaw type hasa significant effect on student’s conceptual understanding. The ANOVA test produce significant level below 0.05, which indicates there is significant effect of the Jigsaw model and learning motivation on student achievement. It can be concluded that the cooperative learning model contributes better to learning achievement than conventional learning model, and a high learning motivation contributes better to students learning achievement in citizentship subject than a low learning motivation.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan motivasi terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan post test only control design. Subjek penelitian sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji Anova 2 jalur. Hasil analisis data menunjukkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep PPKn siswa. Siswa dengan tingkat motivasi yang tinggi lebih baik dalam hal penggunaan model Jigsaw dan hasil belajar, dibandingkan dengan siswa yang mempunyai motivasi rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada model pembelajaran ceramah untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik, dan bahwa siswa dengan motivasi belajar yang tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar yang rendah dalam penggunaan atau pemanfaatan model pembelajaran Jigsaw dan hasil belajarnya.
Downloads
References
Hidayat, K. & Azra, A. (2011). Pendidikan kewarganegaan (civic education) demokrasiI, hak asasi manusia, dan masyarakat madani. Jakarta: ICCE UIN Hidayatullah.
Isjoni. (2010). Cooperatif learning: efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfa Beta.
Majid, A. (2005). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Radyuli, P. (2015). Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw & gaya belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(1), 43-51.
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudharmini, L. S., Lasmawan, I. W. & Natajaya, I. W. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus IV Jimbaran. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.1-10.
Sumantri, S. (2000). Pelatihan dan sumber daya manusia. Bandung: Fakultas Psikologi Unpad.
Suwarti, Muryani, & Sarwono. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan motivasi belajar geografi terhdap hasil belajar geografi kompetensi dasar biosfer pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Purwokerto Kanupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal GeoEco, .1 (2), 121-135.
Tastra, I. K., Marhaeni, A. A. I N. & Lasmawan, I. W. (2013). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar menulis ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mendoyo.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1), 1-12.
Utama, R. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pengaruh globalisasi kelas IV SDN Suwaru. Simki-Pedagogia, 1(5), 1-9.
Vestari, D. (2009). Model pembelajaran berbasis fenomena dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep pembiasan cahaya dan keterampilan generik sains siswa SMP. Sekolah Pascasarjana. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Yamin, M. (2007). Strategi dan metode dalam model pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.