PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN NIAS
Keywords: gaya kepemimpinan kepala sekolah, interpersonal communication, komunikasi interpersonal, leadership style, motivasi mengajar guru, teacher motivation
Abstract
The purpose of this study was to analyze the influence of the principal leadership style and interpersonal communication on teacher's motivation at State Elementary School in Kabupaten Nias. This study is a quantitative research using regression analysis, with 70 primary school teachers as respondents. The results showed that the simultant effect of leadership style and interpersonal communication onteacher motivation is 30% (p = 0,000). The partial analysis indicated that the leadership style of principals has a positive and significant effect on teacher motivation, with a beta value of 0,126. (p = 0,15); interpersonal communication has a positive and significant effect on teachers' motivation with a beta value of 0,56 (p = 0,02). The implication of this finding is that it is essential for the principal to adopt a conducive leadership style and personal communication, in order to produce optimal performance of the teachers that he/she leads.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap motivasi mengajar guru Pegawai Negeri di Sekolah Dasar Negeri Se-Kabupaten Nias dengan menggunakan analisis regresi, dengan responden sebanyak 70 guru sekolah dasar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh anatara gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonal terhadap motivasi mengajar guru sebesar 30% (p = 0,000). Secara partial,gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi mengajar guru dengan nilai beta 0,126. (p = 0,15),komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi mengajar guru dengan nilai beta 0,56 ( p = 0,02). Implikasi temuan ini adalah penting sekali bagi kepala sekolah untuk menerapkan gaya kepemimpinan dan komunikasi personal yang kondusif, untuk dapat menghasilkan kinerja optimal pada staf guru yang dipimpinnya.
Downloads
References
Nawawi, H., M. & Martini H. (2005). Kepemimpinan yang efektif. Jakarta: Gajah Mada University Press.
Rivai, V. (2003). Kepemimpinan dan Perilaku Sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Pustaka.
Susanto, E.H. (2010). Komunikasi Manusia, Esensi dan Aplikasi Dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Toha. (2006). ...................