PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN NUMBERED-HEADS-TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Keywords: hasil belajar matematika, mathachievement, motivasi, motivation, numbered-heads-together model, numbered-heads-together, think pair share, think-pair-share model
Abstract
This quasi – experimental research aims to determinethe effect of cooperative learning model Think Pair Share (TPS) and Numbered Heads Together (NHT) on students' mathematics achievement, and the effect ofcooperative learning model TPSand NHT on student motivation.Three classes were randomly selected for experiment and control groups, each class consists of 32 students. A questionnaire of 26 items is used to measure motivation test, and a test consisting of nine questions is used for measuring mathematics achievement. T-test was used for data analysis. The findings show that there is significant effect of both cooperative learningTPS model and NHT model onstudent mathematics achievement. However, the effect of TPS and NHT models on student motivation to learn mathematics is not significant.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe NHT terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Penelitian ini melibatkan 3 kelas experimen dan kelas control, masing-masing terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes motivasi yang terdiri dari 26 indikator, dan tes matematika yang terdiri dari 9 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar matematika siswa, demikian pula penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Namun tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Di samping itu ditemukan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPSdan Tipe NHT terhadap motivasi belajar matematika siswa.
Downloads
References
Daulay, Hamidah. ( 2013 ). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meneningkatkan Hasil BelajarMatematika Kelas V SD Negeri 163099 Tebing Tinggi. Diambil 29 Juni 2015 dari situs : http://digilib.unimed.ac.id/.
Ibrahim,M., Rachmadiarti., Nur,M., & Ismono. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Lie, Anita. (2005). Mempraktekkan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Grasindo.
Sardiman, A,M. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sopyyev, Ylyas. (2013). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model “Think-pair-share†pada Materi Fungsi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP Semesta. Skripsi. Pendidikan Matematika. FMIPA.UNNES.
Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta:Prestasi Pustaka.
Widayanti, Anesia Dyah. (2013). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di MTsN Karangrejo Tulungagung. Diambil 29 Juni 2015 dari situs : http://digilib.iain-tulungagung.ac.id/.