STUDI DESKRIPTIF MINAT BACA ANAK DI RUMAH BACA INDONESIA (RBI) DI WILAYAH PADANG, SURABAYA DAN MAKASSAR
Keywords: minat baca, reading interest, rumah baca Indonesia
Abstract
This research aims to analyze the reading interest of children and the factors that influence it. This research was conducted in three different regions, at Padang, Surabaya, and Makassar. Therespondents are children using RBI services. RBI is a free library-building movement in rural areas to provide reading access for children. The location of RBI is usually far from the economic center. The data collection employs questionnaire to 98 RBI visitors, 17 parents, and 8 RBI administrators from the three regions. The result shows that although living in economic limitation, the children have a high interest in reading, influenced by factors including: parent support, type, variety and number of books, the short distance to location of the reading house, and the attitude of the site coordinator in providing services to children. Based on the results, RBI needs to maintain and increase reading interest of children by providing activities, such as science olympics program, and periodically collect responses from children to improve their reading interest.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat baca anak dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian dilakukan di tiga lokasi yaitu di Padang, Surabaya, dan Makassar. Responden penelitian adalah anak-anak yang menggunakan layanan Rumah Baca Indonesia, fasilitas membaca yang disediakan oleh gerakan membangun perpustakaan gratis di wilayah pedesaan untuk menyediakan akses membaca bagi anak-anak. Lokasi yang dijangkau oleh RBI seringkali jauh dari pusat ekonomi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada para responden penelitian yang terdiri dari: 98 anak pengunjung RBI, 17 orang tua dan 8 pengurus RBI di tiga wilayah Indonseia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun dalam kondisi terbatas dan berkekurangan, anak-anak memiliki minat baca yang tinggi. Minat baca yang tinggi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya: dukungan orang tua, jenis, ragam dan jumlah buku yang tersedia, lokasi rumah baca yang tidak jauh dari tempat tinggal dan sikap pengelola RBI dalam memberikan layanan kepada anak. Berdasarkan hasil penelitian, RBI perlu memelihara dan meningkatkan minat baca anak dengan melakukan kegiatan tertentu, misalnya program olimpiade sains dan secara berkala mengumpulkan informasi tanggapan dan masukan dari anak untuk meningkatkan minat baca anak.
Downloads
References
CCSU. World’s Most Literate Nations Ranked. (2016). https://webcapp.ccsu.edu/? news=1767&data (diakses pada 2 November 2017).
Dewi, Corinna R. (2010). Peran Serta Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Modal Terwujudnya Surabaya Sebagai Kota Baca Memasuki Era Globalisasi. Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nonformal, Jakarta.
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Khoiruddin, M. Arif, Imam Taulabi, & Ali Imron. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs, Vol.1 No.2 (2 Desember 2016): 291-319.
Marinak, Barbara, & Linda B. Gambrell. (2007). Boy's Voices: I Can Read, I Choose Not Toâ€. Paper presented at the annual meeting of the College Reading Association, Salt Lake City, Utah, November 2nd.
Meece, Judith L., Beverly B. Glienke, & Samantha Burg. (2016). Gender and Motivationâ€. Journal of School Psychology, 44: 351-373.
Muhibbin, Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Nursalina, Ade Irma, & Tri Esti Budiningsih. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Minat Membaca Pada Anak. Educational Psychology Journal (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj/article/view/4436). (diakses pada 2 November 2017).
OECD. PISA 2015 Result in Focus. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf (diakses pada 2 November 2017).
Prasetyono, Dwi Sunar. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think.
Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Siregar, Ridwan. (2008). Upaya Meningkatkan Minat Baca di Sekolah. Medan: USU.
Soeatminah. (1991). Perpustakaan Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius, 1991.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004.