PENGARUH PERANAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) DI KECAMATAN BOGOR BARAT
Keywords: hasil belajar siswa, learning achievement, parent role, parenting patterns, peranan orang tua,, pola pengasuhan
Abstract
The aims of the study is to analyze the partial and simultaneous influence of parent role and parenting patterns on students learning achievement at Elementary Public School (Sekolah Dasar Negeri) in the District of West Bogor. A survey was conducted by distributing questionnaires to the respondents, complemented with interview for qualitative data. Student achievement is collected as part of the research data. The respondents are 100 parents from 50 schools throughout the district. The results of the study reveals that there is a positive and significant partial influence of parent role and parenting pattern on student learning achievement. Parent role and parenting pattern also have positive and significant simultaneous effect on student learning achievement. It can be concluded that efforts to improve student learning achievement should take into account parent role and parenting patterns.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh parsial dan simultan peran orangtua dan pola pengasuhan terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bogor Barat. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, dilengkapi dengan wawancara untuk data kualitatif. Prestasi siswa dikumpulkan sebagai bagian dari data penelitian. Responden penelitian adalah 100 orang tua dari 50 sekolah di seluruh kabupaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh parsial yang positif dan signifikan peran orangtua dan pola pengasuhan terhadap prestasi belajar siswa. Peran orang tua dan pola pengasuhan secara simultan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan prestasi belajar siswa harus memperhatikan peran orang tua dan pola pengasuhan siswa oleh orang tua di rumah.
Downloads
References
Anwar, Saifuddin. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Asmara. (2009). Prestasi Belajar. Bandung.PT. Remaja Rosdakarya.
Atmosiswoyo, Subyakto, & Subyakto Harmiwati. (2002). Peran Keluarga: Anak. Unggul Berotak Prima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Casmini. (2007). Emotional Parenting. Yogyakarta: Nuansa Aksara.
Chasiyah, Chadidjah, & Legowo, Edy. (2009). Perkembangan Peserta Didik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Djamarah, Saiful Bahri. & Zain, Aswan. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Faizi, Mastur. (2012). Tiru Cara-Cara Ampuh Mendidik Anak Ala Pendidikan Orang Hebat. Jogyakarta: Flashbooks.
Hadi, Soedomo. (2003). Pendidikan Suatu Pengantar. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hurlock, Elizabeth B. (2004). Perkembangan Anak Jilid 2: Edisi Ke Enam. Jakarta: Erlangga.
Iryanto. (2000). Pendidikan Dalam Keluarga, Jakarta: Bulan Bintang.
Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Preanada Media Group.
Purwanto, M. Ngalim. (2002). Prinsip-prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Singgih, G. (2007). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Gunung Mulia.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slicker, Ellen K, Billie K. Picklesimer, Andrea K. Guzak, & Dana K Fuller. (2005). The Relationship Of Parenting Style To Older Adolescent Life-Skills Development In The United States.
UU RI No.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.