PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SEGITIGA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA KELAS VII SMP
Keywords: development research, macromedia flash, segitiga, triangular
Abstract
The purpose of the research is to produce media-based math learning macromedia flash on the subject of the triangle in the junior class VII valid and practical for her then experimented to see the potential effects of media-based learning macromedia flash triangle subject to students' understanding of concepts. The method used is the development of research that consists of three phases: analysis, design, and evaluation. Obtained from testing the potential effects of instructional media using macromedia flash to the understanding of the concept of students is 78 in both categories. It can be concluded that the macromedia flash media-based learning subject that researchers develop effective triangle used in the learning of mathematics.
Tujuan penelitian adalah menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash pada pokok bahasan segitiga di kelas VII SMP yang valid dan praktis untuk kemudian mengujicobakannya guna melihat efek potensial media pembelajaran berbasis macromedia flash pokok bahasan segitiga terhadap pemahaman konsep siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah development research yang terdiri dari tiga tahapan yaitu analisis, desain, dan evaluasi. Dari ujicoba diperoleh potensial efek media pembelajaran menggunakan macromedia flash terhadap pemahaman konsep siswa yaitu 78 dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash pokok bahasan segitiga yang peneliti kembangkan efektif digunakan pada pembelajaran matematika.
Downloads
References
Akker, J.V.D. (1999). Principles and methods of development research. dalam (Eds). Design approaches and tools in education and training. Dordrecnt: Klower Academic Publisrs.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja.
Basturk, R. (2005). The evectivines of computer assisted instruction in teaching introductory statistics. Jurnal Educational and Society Vol 8(2), 170-178.
Hanafi, I., Maksum, M., & Yuliatmojo, P. (2010). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Prosiding seminar nasional pendidikan teknik informatika. Singaraja, Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.
Hasrullah. (2010). Langkah-langkah pengembangan pembelajaran multimedia interaktif. Jurnal MEDTEK,Vol 2(1).
Idris, H. (2008). Pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan komputer. IQRA',Vol 5.
Rahmawati, P.I. & Diatmika, I.P.G. (2011). Pembelajaran berbasis ICT dalam perkuliahan pariwisata dan perhotelan: Peran, peluang, dan tantangannya. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 44, Nomor 1-3, 93-100.
Sanjaya. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudatha, W. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII untuk optimalisasi hasil belajar. Prosiding seminar nasional pendidikan teknik informatika. Singaraja, Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiarti, D. & Sukadi. (2012). Media pembelajaran interaktif pengenalan bangun pada play group Mutiara Kasih desa Gembuk. Seruni FTI UNSA. Vol 1.
Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjana & Rivai. (2011). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Susanti, E. (2008). Studi kasus pada Computer Aided Learning (CAL). Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2(2).
Sutjiono, T. (2005). Pendayagunaan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur Vol 4(4).
Widodo, S., & Sopian, A. (2007). Pemanfaatan cabri geometri II Plus dalam pembelajaran mata kuliah konsep dasar matematika pokok bahasan geometri. Jurnal Pendidikan Dasar no 8.
Yuhana, Y., Rahayu, I., & Nindiasari,H. (2008). Model pembelajaran matematika berbasis komputer sebagai strategi untuk meningkatkan sikap pada siswa SMA. JPP Vol. 6(1).
Zulkardi. (2002). Developing a rich learning environment on realistic mathematic. Disertation. Tweente: Utrech.