PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Keywords: creativity, kreativitas, mind mapping, pendidikan kewarganegaran
Abstract
In learning, we need a method to enhance the creativity of the students, one of them with Mind Mapping method. This study aims to explain the application of mind mapping methods to increase creativity in learning Citizenship Education in Class VI Madrasah Ibtidaiyah (MI). This research was conducted using field observation of 25 students. The Research Data collection is based on the results of students learning activities to create a mind map. The results showed that the Mind Mapping method can enhance students' creativity in studying Pancasila and Citizenship Education.
Dalam Pembelajaran, diperlukan sebuah metode untuk meningkatkan kreativitas siswa, salah satunya dengan metode Mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VI MI. Penelitian ini dilakukan dengan observasi ke lapangan yang dilakukan di kelas VI MI Miftahul Falah dengan jumlah 25 siswa. Pengambilan data dilakukan melalui hasil kegiatan belajar dengan membuat sebuah mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Downloads
References
Betaubun, Since L., Agus K. H., Adi S., Ratna P. & Yunarlianto P. (2018). Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesehatan. Musamus Journal Of Primary Education, Vol. 1, No 1.
Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (peta pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 164-173.
Fauziah, D. (2017). Penerapan Model Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Pemahaman Siswa Pada Materi Sejarah Kerajaan Isam Di Indonesia. Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 4, No 2. Ejournal Upi Bandung
Hermawan, Iwan. (2019) Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuningan: Hidayatul Quran.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.
Pamungkas, A., Bambang S., & Suharto L. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 3, No 2. Universitas Negeri Yogyakarta.
Prastyo, A. (2016). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sd Negeri Banyuanyar 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal PGSD. Uviversitas Slamet Riyadi.
Sukawati, S. (2016). Peningkatan Siswa Dalam Menulis Cerpen Melalui Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping). Jurnal Ilmiah Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 5, No 1. STKIP Siliwangi.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Cetakan ke-2. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Sitepu, A. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Guepedia.
Syam, N. & Ramlah Ramlah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. V, No 3 Tahun 2015. Univeritas Negeri Makassar.
Wulandari, F. A., Mawardi & Krisma W. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 3, No 1. Universitas Kristen Satya Wacana Indonesia
Yuniharto, B. S. & Maria Melani I. S. (2019). Peningkatan Minat Belajar dan Kreativitas Belajar Siswa Kelas IIIA SDN Maguwoharjo I Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1, No 2. Universitas Kristen Toraja.