PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN BELAJAR MANDIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH
Keywords: pelatihan, keterampilan, mandiri, motivasi, training, skills, independent, motivation
Abstract
This study aims to determine the effect of the Independent Learning Skills Training on student motivation in distance learning systems at UPBJJ-UT Ternate. The research sample was new Bidikmisi scholarship students in UPBJJ-UT 2019.2 registration period, namely 20 students. The results of the regression analysis produce the equation Y = a + bX = 5.274 + 1.337X. This means that each increase in the quality of Independent Skills Training by 1 unit will increase Student Learning Motivation by 1,337. The coefficient of determination (R Square) of 0.712 explains that the contribution of the influence of the PKBM variable (X) to the Learning Motivation variable (Y) is 71.20%. While the remaining 28.80% is influenced by other variables not examined. Based on these results, the researcher proposes that UT should continue to be able to improve PKBM standards to be better so that it helps new UT students in their learning process.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri (PKBM) terhadap motivasi belajar mahasiswa pada sistem belajar jarak jauh di UPBJJ-UT Ternate. Populasi penelitian adalah mahasiswa baru UPBJJ-UT Ternate yang menerima beasiswa Bidikmisi di masa registrasi 2019.2 sebanyak 20 mahasiswa. Dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Dari hasil analisis regresi menghasilkan persamaan Y = a + bX = 5.274 + 1.337X. Artinya bahwa setiap peningkatan kualitas Pelatihan Keterampilan Mandiri sebesar 1 satuan, maka akan meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa sebesar 1,337 satuan. Hasil koefisien determinasi R2 (R Square) sebesar 0,712 menjelaskan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel PKBM (X) terhadap variabel Motivasi Belajar (Y) sebesar 71,20%. Sedangkan sisanya 28,80% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti mengusulkan agar UT harus terus dapat meningkatkan standar PKBM sehingga semakin baik dan dapat membantu mahasiswa baru UT dalam menjalani proses belajarnya.
Downloads
References
Aisyiyah, Siti. (2013). Pengaruh Kondisi Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Politeknik Negeri Jember. Jurnal Ilmiah INOVASI, Vol.13 No.1, p38-47. DOI: https://doi.org/10.25047/jii.v13i1.
Anfas & Zainuddin. (2018). Implementasi SWOT Pada Institusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Angka Partisipasi Kasar. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol. 14, No. 1, p82-93.
Anggraini, I. S. (2011). Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol. 1, No. 2, p100-109, DOI: http://doi.org/10.25273/ pe.v1i02.39.
Belawati, T. (2002). Perkembangan pemikiran tentang pendidikan terbuka dan jarak jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.
Bolliger, D.U. & Martindale, T. (2004). Determining Student Satisfaction in Online Courses. International Journal on E-Learning, Vol. 3, No. 1, p61-67.
Dedi S., dkk. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD Masukan Sarjana di UPBJJ-UT Bandung. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 8, No. 2, p163-177, DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5139.
Djamarah, S. B., (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Handoko, T.H. (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan, H. Malayu S.P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Long, H.B. (1989). Self-directed learning: Emerging theory & practice. USA: Oklahoma ResearchCenter.
Lutfianawati, D., dkk. (2014). Pengaruh Pelatihan Goal Setting terhadap Motivasi Belajar bahasa Inggris Siswa. Jurnal Intervensi Psikologi, Vol. 6, No. 1, p125-138.
Moore, M.G., & Kearsley, G. (1996). Distance education: A systems view. Belmont, CA: Wadsworth Publishing.
Mulyono, W.A dkk. (2007). Pengaruh Pelatihan Gaya Belajar Terhadap Peningkatan Indeks Prestasi Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Vol. 2, No.3, p134-140, DOI: 10.20884/1.jks.2007.2.3.129.
Neal, Ed (1999). Distance education: Prospects and Problems. KAPPA PHI Journal, Vol. 79, Issu 1, p41-43.
Nugraha, R.A. (2011). Pengaruh Pelatihan Kecerdasan Adversitas Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Surakarta. Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Prayekti, dkk. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Bidik Misi Masa Registrasi 2016.1. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, 26 November 2016, p143-154.
Sandayanti, V., dkk. (2018). Pengaruh Pelatihan Aku Dan Targetku Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP “Xâ€. ANFUSINA: Journal of Psychology, Vol. 1, No. 1, p.45-60, doi://dx.doi.org/10.24042/ajp.v1i1.3637.
Sinaga, A. M. & Hardiati W.K, Sri. (2001). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Bahan Ajaran Diklatpim Tingkat III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara (LAN) R.I.
Sudarwo, R., Yusuf & Anfas. (2018). Pengaruh Sarana Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa (Studi Empiris Pada Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi UPBJJ-UT Ternate). Jurnal Pendidikan, Vol. 19, No. 2, p68-83.
Sugiyono (2013). Motode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sylvana, Andy & Alwi, M. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Bidikmisi Universitas Terbuka Studi Pada Unit Program Belajar Jarak Jauh-UT Makassar. Prosiding Seminar Nasional FEKON-UT, p162-171.
Universitas Terbuka. (2012). Panduan Belajar di Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.
Universitas Terbuka. (2018). Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Edukasi Kesiapan Belajar Mahasiswa (EKBM) Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.
Ural, Ozana. (2007). Attidues of Graduate Students Toward Distance Education, Educational Technologies And Independent Learning. Turkish Online Journal of Distance Education, Vol. 8, No.4, p34-43.
Utami, S. dkk (2014). Pengaruh Pelatihan Adversity Quotient Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Intervensi Psikologi, Vol. 6, No. 1, p131-149.