PEMANAFAATAN MEDIA 3 DIMENSI BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD
Keywords: 3D media, achievement, hasil belajar, Media 3D, minat, motivation, virtual reality
Abstract
As professional teachers in 21th century, teachers at all levels of education should be prepared for 4.0 era teaching and learning by utilizing the advancement of information technology. There is a needs to develop technology based learning media to create creative, inovative, and exciting learning to improve students’s motivation especially in science. This research aims to explain the effectiveness of three dimention (3D) -based virtual reality learning media to improve the fifth grade students’ learning motivation. This research employs ADDIE which inludes analysis, design, development, implementation, and evaluation phases. The research subjects were students from seven elementary schools for try-out, 3 control groups, and 3 experiment groups. The data collecting techniques used observation, quistionannaire, interview, and performance test. The result shows that virtual reality-based 3D learning media is effective to improve student motivation and achievement of the fifth grade students, indicated by a significant difference in motivation and achievement score of the students before and after using 3D-based virtual reality media.
Sebagai tenaga pengajar profesional guru harus siap menghadapi era 4.0. yang diindikasikan dengan penggunaan ICT yang intensif dan ekspansif. Guru perlu mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, konkrit dan menyenangkan, sehingga dapat membangkitkan minat siswa khususnya pada materi IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keefektifan media pembelajaran 3 dimensi (3D) berbasis virtual reality dalam peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (Research and Development) model ADDIE yang terdiri dari analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Penelitian dilaksanakan terhadap siswa yang tersebar di 7 sekolah dasar, yaitu 1 sekolah uji coba, 3 sekolah kontrol, dan 3 sekolah eksperimen di Kecamatan Tasikmadu, Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran 3 dimensi (3D) berbasis virtual reality efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa, ditunjukkan oleh perbedaan yang signifikan minat dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran, dari rata-rata yang semula 52,95 diperoleh capaian rata-rata baru sebesar 82,05.
Downloads
References
Artawan, I. M., Sudarma, M., & I Made A.S. (2017). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berbasis Virtual Reality Menggunakan Platform Android. E-Jurnal Spektrum, Volume 4, Nomor 2, Desember 2017.
Bahar, Y. N. (2014). Aplikasi Teknologi Virtual Reality Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur. Jurnal Desain Konstruksi, Volume 13, Nomor 2, Desember 2014.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Caesaron Dino. (2013). Review of Virtual Reality and Virtual Environment and its Applications Particularly in Education. Journal of Industrial Engineering & Management System, Volume 3, Nomor 1, February 2013.
Febiharsa, D., & Djuniadi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of SECE (Studies in Early Chilhood Education), Page 75-84, 2018.
Lin, M. T. Y. (2017). A Study on the Effect of Virtual Reality 3D Exploratory Education on Student’ Creativity and Leadership. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, Volume 13, Nomor 7, 2017.
Mary Michelle Bowen. (2018). Effect of Virtual Reality on Motivation anda Achievement of Middle-School Students. Artikel ProQueest LCC Ed.D.Dissertation, The University of Memphis, 2018.
Mike Tz-Yauw Lin. (2017). A Study on the Effect of Virtual Reality 3D Exploratory Education on Student’ Creativity and Leadership. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, Volume 13, Nomor 7, 2017.
Nopitasari, D., & Saefuddin, S. (2017). Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Melalui Program Cabri 3D Terhadap Kemampuan Spasial dan Kemandirian Belajar. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), Volume 2, Nomor 1, September 2017.
Prabowo, D. M., Wulandari, D. (2018). Development of 3 Dimentional Diorama in The Natural Science Learning Especially Lesson of Ekosistem for Grade V Students. Jurnal Elementary School Teacher, Volume 2, Nomor 2/2018.
Sari, N. L. K.Y., Pudjawan, K., & Suarjana, I. M. (2016). Penerapan Model CRH Berbantuan Media Visual 3D Untuk meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Materi IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1/2016.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati. (2017). Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality Pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah NERO, Volume 3, Nomor 1, Tahun 2017.
Supriatno, B. & Saragih, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Cabri 3D Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa MTs Negeri Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, Volume 14, Nomor 1, April 2017.