PENGARUH METODE KULIAH ONLINE TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI KULIAH HUKUM INVESTASI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI INDONESIA
Keywords: kuliah online, level of understanding, online lecture, tingkat pemahaman
Abstract
Background. Online lectures are one of the most effective lecture methods during the covid-19 pandemic. Online lectures can be done using internet technology and using an Android smartphone or computer. Aim. The research objective is to determine the effect of online lecture methods on the level of student understanding of investment law courses at the University of Technology Indonesia. Method. This research uses quasy-experiment method with one group pre-pos tes only design. The number of respondents was 36 who were students who took investment law courses. Retrieval of data using online quizzes as pre-pos tes scores. The statistical test used is paired t- test. Results. Statistical test results obtained p-value of 0.001. Conclusion. There is an influence of online lecture methods on the level of student understanding of investment law courses at the University of Technology Indonesia.
Pendahuluan. Perkuliahan online saat ini merupakan salah satu metode perkuliahan yang efektif selama masa pandemic covid-19. Perkuliahan online dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi internet dan menggunakan smartphone android ataupun komputer. Tujuan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode kuliah online terhadap tingkat pemahaman mahasiswa tentang materi kuliah hukum investasi di Universitas Teknologi Indonesia. Metode. Penelitian ini menggunakan metode quasy-eksperiment dengan desain one group pre-pos tes only. Jumlah responden sebanyak 36 yang merupakan mahasiswa yang mengambil mata kuliah hukum investasi. Pengambilan data dengan menggunakan kuis online sebagai nilai pre-pos tes. Uji statistik yang digunakan adalah uji paired t-test. Hasil. Hasil uji statistic didapatkan nilai p-value 0.001. Kesimpulan. Ada pengaruh metode kuliah online terhadap tingkat pemahaman mahasiswa tentang mata kuliah hukum investasi di Universitas Teknologi Indonesia.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (15th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Behera, S, K. (2013). E- and m-learning: A comparative study. International Journal on New Trends in Education and Their Implications (IJONTE), Vol. 4(4), 214.
Fitriasari, P., Tanzimah, T., & Sari, N. (2018). Kemandirian belajar mahasiswa melalui blended learning pada mata kuliah metode numerik. Jurnal Elemen, Vol. 4(1), 1. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.439.
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3(1), 90–102. https://doi.org/ 10.21831/jpv.v3i1.1584.
Mohammad Yazdi. (2012). E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Jurnal Ilmua Foristek, Vol. 2 (1)(1), 143–152.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, Vol. 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.
Prayudi, Y. (2009). Prosiding seminar nasional aplikasi teknologi informasi (SNATI). Kajian Awal: E-Learning REadiness Index (ELRI) sebagai model bagi evaluasi e-learning pada sebuah institusi, 2009(Snati). Retrieved from http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/953/909.
Setiawan, D. (2018). Perspektif e-learning dosen program studi sistem informasi UNIPMA. Journal of Computer, Information System, & Technology management, Vol. 1(2), 1–6.
Turrahma, A., Satyariza, E. N., & Ibrahim, A. (2018). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Lcms Moodle dalam peningkatan efisiensi dan efektivitas serta kualitas media pembelajaran siswa di Man Sakatiga. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), Vol. 6(3), 327. https://doi.org/ 10.23887/janapati.v6i3.12672.
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan blended learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), Vol. 1(1), 13–18.
Wicaksono, A. R., Winarno, W. W., & Sunyoto, A. (2015). Perancangan dan implementasi e-learning pendukung project. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2015(Sentika), 333–343.
Yuniarti, R. D. (2010). Meningkatkan kualitas pembelajaran di Prodi Tata Niaga Jurusan pendidikan ekonomi FPEB-UPI. 8(16), 66–77.