AKTIVITAS MAHASISWA DALAM TUTORIAL ONLINE MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEGI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Paken Pandiangan Universitas Terbuka
  • Albert Gamot Malau Universitas Terbuka
  • Joko Rizkie Widokarti Universitas Terbuka
  • Eliaki Gulo Universitas Terbuka

Keywords:

online tutorial

Abstract

Online tutorials as a form of student services is expected to contribute to the success of student learning. This article is written based on the research on the online tutorial activities of Strategic Management Courses (EKMA4414) and student learning outcomes in the registration period of 2009.1 at UPBJJ-UT Batam. Data were collected using purposive sampling of 167 students registered in online tutorial. Results were analyzed descriptively. The results showed that the initiation of online tutorials materials of strategic management course were generally in line with course objectives. However, the presentation is said to be less systematically delivered by most students. This causes some students to not actively engaged in the tutorial and do the exercises and tasks. However, for students who are actively following tutorial by participating in discussion and exercises, their activities contribute to the final grade.

 

Tutorial online sebagai salah satu bentuk layanan mahasiswa diharapkan memberiukan kontribusi terhadap keberhasilan belajar mahasiswa yang ditunjukkan oleh nilai akhir. Artikel ini disusun berdasarkan hasil penelitian tentang kegiatan tuton mata kuliah Manajemen Strategi (EKMA4414) dan hasil belajar mahasiswa masa registrasi 2009.1 di UPBJJ-UT Batam. Data dikumpulkan secara purposive dan analisa yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah sekelompok mahasiswa berjumlah 167 orang yang melakukan registrasi tutorial online. Hasil menunjukkan bahwa materi inisiasi tutorial online Manajemen Strategi pada umumnya dinyatakan sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun demikian sistematika penyajiannya masih dikatakan kurang baik oleh sebagian mahasiswa. Hal ini menyebabkan tidak semua mahasiswa aktif mengikuti tuton dan mengerjakan tugas-tugasnya. Namun demikian bagi mahasiswa yang aktif mengikuti tuton, berdiskusi dan mengerjakan tugas, terlihat bahwa keaktifan mereka berkontribusi dalam memperoleh nilai akhir mata kuliah yang cukup baik

References

Ahmad, A., A., & Solihatin, E. (2003). Belajar berbasis aneka sumber. Dalam Dewi Padmo (Eds). Teknologi Pembelajaran, hal. 152-164. Jakarta: Universitas Terbuka.

Belawati, T. (2003). Penerapan e-learning dalam pendidikan jarak jauh di Indonesia. Dalam D. Andriani, et al (eds.), Cakrawala Pendidikan: E-learning, hal. 398-418. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fauzan. (2006). Sistem pendidikan jarak jauh. Diambil 4 Juli 2006, dari: http://fauzan.wordpress.com/2006/07/04/sistem-pendidikan-jarak-jauh/

Ouda Teda Ena (2007). Membuat media pembelajaran interaktif dengan piranti lunak presentasi, ILCIC (Indonesian language and culture intensive course). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Padmo, D. & Pribadi, B.A. (2002). Media dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh. Dalam T. Belawati (Eds). Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, hal. 61-79. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suparman, A. & Zuhairi, A. (2009). Pendidikan Jarak Jauh, Teori dan Praktek. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Downloads

Published

29-08-2012

How to Cite

Pandiangan, P., Malau, A. G., Widokarti, J. R., & Gulo, E. (2012). AKTIVITAS MAHASISWA DALAM TUTORIAL ONLINE MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEGI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 13(1), 42–51. Retrieved from https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/410

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.