Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.33830/ptjj.v23i1.2664.2022Keywords:
pendidikan karakter;, sekolah dasar;, Covid-19;Abstract
Pandemi Covid-19 memiliki banyak dampak terhadap kehidupan bermasyarakat. Salah satu perubahan yang dirasakan adalah dalam bidang pendidikan di mana pembelajaran di sekolah diputuskan untuk dilaksanakan secara online. Pada masa pandemi Covid-19, pendidikan karakter tidak boleh diabaikan begitu saja, terutama di jenjang sekolah dasar. Pada jenjang ini, pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk perkembangan para siswa. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah kajian pustaka. Hasil studi menunjukkan bahwa pendidikan karakter dibutuhkan oleh siswa sekolah dasar meskipun pembelajaran harus dilaksanakan di rumah. Pendidikan karakter melalui pembelajaran jarak jauh tidak boleh diabaikan dan harus menyesuaikan dengan kondisi siswa serta situasi Covid-19. Kesimpulan dari studi ini adalah guru harus mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap muatan pembelajaran, seperti nilai religius, tanggungjawab, toleransi, dan kerja keras.
References
Agustinus. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4),836-851.
Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809-1815.
Maryati. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 5 Beitung Kabupaten Banyuasin. Jurnal Guru Indonesia. 10 (27), 541-788.
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. AL Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru ML, 3(2), 197-211.